Konflik dengan Rekan Sekerja?

2

6 September 2009 oleh mbi9

Oleh:Philipus Vembrey Hariadi

Di dalam lingkup pekerjaan,terkadang kita menemui hambatan dengan sesama karyawan.Hal tersebut dapat disebabkan dengan dua faktor,yakni intern dan ekstern.

Intern adalah konflik yang hakikatnya diciptakan oleh diri sendiri.Atas dasar apa hal tersebut dapat terjadi?Di saat seorang manusia memiliki pikiran negatif terhadap seseorang,maka apa yang akan dilakukannya?Kemungkinan ada dua hal yakni,yang bersangkutang akan mengolah pikiran negatif tersebut.Atau pikiran negatif tersebut dijadikan dasar olehnya untuk memicu konflik secara langsung.

Resiko dari kemungkinan yang kedua adalah hancurnya impian yang sejenak telah dibangun saat diterima bekerja.

Konflik ekstern adalah konflik yang terjadi dan terwujud dari luar.Konflik ini terbagi menjadi dua,yakni pure dari luar dan diri sendiri sebagai pemicu.

Pure dari luar adalah konflik murni yang diwujudkan oleh pribadi di luar diri kita.Hal tersebut terjadi karena rasa iri kepada diri kita.Mungkin pribadi tersebut iri kepada kita karena memiliki prestasi yang tinggi.Atau mungkin karena ada suatu hal yang memicu rasa iri,di luar prestasi.Misalnya,penampilan.

Seluruh konflik tersebut pada dasarnya bukanlah hal yang sulit.Karena hal pertama yang perlu kita lakukan adalah introspeksi diri.Proses tersebut dapat direalisasikan dengan bertanya pada diri sendi,yakni “apa kesalahan ku?”.Jika tidak menemukan jawaban dalam diri,maka proses selanjutnya adalah mengambil jarak terlebih dahulu.Hal ini dilakukan jika memiliki konflik dengan teman di tempat kerja.

Hal berikutnya adalah berdiam diri terlebih dahulu.Lihat mana yang perlu dikoreksi,aku atau dia.Jika hal yang perlu dikoreksi sudah dimiliki,maka hal berikut yang perlu dimiliki ialah keberanian untuk membicarakan dengan yang bersangkutan.Jika waktu dan kondisi tidak mengijinkan,maka cari dan mintalah bantuan dengan pihak ketiga.Pihak ketiga tersebut perlu obyektif dan pendamai.

Setelah itu bersyukurlah,jika kedamaian telah tercapai.Karena dengan kedamaian,maka kita sudah meletakkan satu kondisi yang dapat menopang stabilitas lingkungan yang kondusif di tempat kerja.

2 thoughts on “Konflik dengan Rekan Sekerja?

  1. Agus Suhanto mengatakan:

    terimakasih o atas tulisannya yang bagus… kenalkan sy Agus Suhanto

  2. mbi9 mengatakan:

    makasih atas ucapannya. Salam kenal…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

September 2009
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: