STOP AMBISI BERKUASA

Tinggalkan komentar

4 Maret 2010 oleh mbi9

Oleh:Philipus Vembrey Hariadi

Pertama-tama saya ucapkan salut kepada Pansus kasus Bank Century yang telah berhasil menyelesaikan tugasnya.Meski dipenuhi dengan tantangan,namun pada akhirnya laporan pertanggungjawaban pun selesai tepat pada waktunya.

Tetapi bukan hal tersebut yang ingin saya nyatakan dalam tulisan ini.Yang ingin saya nyatakan adalah tantangan Indonesia ke depannya dengan belajar melalui sejarah bangsa ini.

Kekuasaan yang Menjadi Rebutan

Coba kita perhatikan seluruh sejarah bangsa ini,terutama dalam hal kepemimpinan.Beberapa pemimpin justru roboh oleh karena kekuasaannya direnggut.Entah itu melalui cara baik atau tidak baik.

Founding Father kita,dipaksa lengser dari jabatannya dikarenakan dugaan (atau mungkin sudah diputuskan pada saat itu) terkait dengan aktifitas Partai Komunis Indonesia.

Bapak Soeharto,lengser oleh gerakan mahasiswa yang mengatasnamakan dirinya sebagai Gerakan Reformasi.

Almarhum Bapak Abdurahman Wahid,dipaksa untuk menyerahkan jabatannya karena mempunyai keinginan untuk membubarkan DPR pada saat itu.

Itu semua adalah pemimpin-pemimpin yang pernah memimpin bangsa Indonesia dan dipaksa turun dari jabatannya oleh keinginan dan kemauan politis di eranya masing-masing.

KEMAUAN BERKUASA

Semua hal yang tergambar di atas membawa refleksi saya pada sebuah pernyataan,yakni bahwa kemauan atau will untuk berkuasa cenderung menonjol dalam kehidupan perpolitikan bangsa ini,sehingga membuat beberapa oknum cenderung berambisi untuk berkuasa.

Apakah hal tersebut memang bagus?Mempunyai keinginan berkuasa adalah hal yang baik.Hal itu bagi saya adalah hak asasi manusia dan oleh sebab itu patut dihargai.

Hanya saja yang menjadi permasalahan adalah cara dan proses mencapainya yang terkadang menjadi kurang manusiawi.Bayangkan,dengan uang sekian juta dan dilatarbelakangi oleh keinginan berkuasa,kita bisa membayar massa hanya untuk berdemonstrasi.Agar pihak yang berkuasa mulai berpikir mengenai jabatannya.Karena mungkin bisa saja jatuh atau justru dewi fortuna berada di pihak kita dan membiarkan kita untuk meneruskan tangguk pimpinan.

Terpaling parah adalah saat di pihak demonstran berjatuhan korban.Hal tersebut sangat disayangkan.Karena hanya demi uang,kita tidak bisa meneruskan impian hidup kita.

Lantas bagaimana menghadapi situasi tersebut?

Marilah kita ubah cara berpikir kita dari yang semula hanya ikut-ikut menjadi lebih objektif.Tidak negatif thinking terhadap segala hal yang tengah dijalankan.Dukung setiap program yang dibuat.

Hal tersebut penting karena jika tidak,maka negara ini akan terus menerus menghadapi ketidakpercayaan terhadap pemimpinnya.Jika sudah demikian,maka meski diganti dengan pemimpin terbaik pun tidak akan pernah dipercayai.

Penting sekali hal tersebut dijalanlan.Karena jika tidak,maka bangsa ini akan mengurangi anggaran negara hanya untuk mengadakan Pemilihan Ulang.

Mudah-mudahan tulisan ini dapat membantu bangsa tercinta ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Maret 2010
S S R K J S M
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 163,456 PEMBACA

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

SPACE IKLAN

2560x1440-black-solid-color-background
%d blogger menyukai ini: