MEMBUKA PINTU MOBIL YANG AMAN

Oleh: Philipus Vembrey Hariadi

Saya sering melintasi jalan dengan menggunakan kendaraan roda dua. Terkadang saya menemui dan bahkan kadang hampir terjadi sebuah kecelakaan. Lha kok bisa?

Banyak pengendara kendaraan roda empat yang berhenti di bahu jalan. Apakah itu masalah? Berhentinya memang bukanlah masalah tetapi kejadian setelah proses tersebut, yakni membuka pintu yang justru dimulai dari pintu sisi kanan dari belakang mobil.

Hal tersebut menjadi masalah karena tentu akan membawa dampak bagi pengendara lain di belakang kendaraan tersebut. Tentu saja pun bukan hanya pengendara kendaraan di belakang tetapi bagi si pemilik kendaraan tersebut, kenapa?

Perhitungkan saja biaya yang Anda perlukan untuk mengobati luka. Hal itu pun di luar perhitungan jika mungkin buruknya Anda dipukul oleh kendaraan yang memiliki ukuran lebih besar ketimbang kendaraan yang Anda miliki. Coba pikirkan hal tersebut. Belum lagi jika Anda harus menggantikan pintu yang mungkin rusak setelah terjadi kejadian tersebut.

Nah, solusi untuk menghindari hal tersebut apa?
Saya hanya ingin membagikan tips aman, yakni dengan membuka pintu dari sisi sebelah kiri. Hal tersebut memang agak rumit. Tapi rumit-rumit begitu bukankah ada hal yang dapat Anda peroleh? Anda tidak perlu berpikir mengenai uang penggantian pintu, kaca dan bahkan jendela.

Satu pesan saya, yakni prioritas mana yang Anda pilih fleksibilitas atau keamanan dan kenyamanan?

Iklan

One Comment Add yours

  1. Intan mengatakan:

    Terimakasih untuk tips ringan yang belum tentu pernah terpikirkan oleh orang banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s