2 FAKTOR PENYEBAB KONFLIK

Tinggalkan komentar

7 Oktober 2010 oleh mbi9

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Konflik adalah sesuatu hal yang timbul dari dua perbedaan pandangan dan keinginan. Konflik akan memiliki intensitas yang tinggi jika tidak ada proses untuk meredam atau menghancurkannya.

Banyak organisasi atau pekerjaan mengalami gangguan dari apa yang dinamakan konflik. Banyak juga yang memanfaatkannya untuk mencari keuntungan. Banyak juga yang justru membiarkannya dengan maksud menghancurkan organisasi yang ditempatinya. Atau ada juga yang membiarkannya dengan satu keinginan untuk memapasnya suatu saat nanti.

Saya pernah dan kerap kali terlibat di dalam sebuah konflik. Tetapi tidak pernah punya keinginan untuk mendamaikannya. Karena saya pikir melalui konflik, kedua belah pihak akan mengalami dinamika menuju ‘saling’ terima. Saling terima itu adalah hal yang sulit dan goal dari setiap konflik.

Nah, berbicara soal konflik, maka mungkin kita juga kerap berada di dalamnya. Namun, kita tidak pernah sadar apa maksud dari konflik tersebut. Oleh sebab itu, saya ingin memberikan beberapa gambaran dari penyebab konflik yang kerap mengganggu organisasi.

1. Keinginan Individual
Keinginan merupakan hal yang wajar bagi seorang manusia. Keinginan itu timbul bukan karena kemanusiawiaan tapi karena ada kebutuhan. Kebutuhan itulah yang pada dasarnya menjadikan manusia memiliki keinginan, baik keinginan berskala kecil hingga besar.

Berbicara soal keinginan, maka yang menjadi problematika adalah jika keinginan tersebut memiliki skala yang besar. Maka, ada kemungkinan akan menimbulkan insting kebinatangan manusia. Bayangkan karena keinginan seks yang besar, seorang pemuda rela dan mau meniduri adik kandungnya sendiri. Bagaimana jika hal tersebut hadir dan berkembang di sebuah organisasi?

2. Koordinasi yang Kurang Jelas
Sudah keinginan bercampur tapi tidak ada koordinasi yang jelas untuk membatasinya. Padahal koordinasi adalah hal penting atau roh di dalam organisasi. Bayangkan jika seluruh anggota memiliki keinginan namun tidak memiliki koordinasi yang penting? Tentu yang hadir adalah destroyrer-destroyer muda yang siap menghancurkan organisasi.

Itu adalah beberapa hal yang saya peroleh. Semoga share saya ini berguna bagi perkembangan organisasi anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Oktober 2010
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 163,456 PEMBACA

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

SPACE IKLAN

2560x1440-black-solid-color-background
%d blogger menyukai ini: