Jangan Anggap Karyawan Tidak Mampu Menganalisa Kebijakan Pimpinan

Tinggalkan komentar

26 November 2010 oleh mbi9

Oleh: Philipus Vembrey Hariadi

Pegawai atau karyawan zaman sekarang bukanlah karyawan yang bodoh atau kurang pengetahuan. Meski mereka memiliki tingkatan pendidikan yang minim, tetapi mereka masih memiliki kemampuan berpikir yang cukup luas.

Bukti dari pernyataan saya itu adalah pada suatu saat saya berbincang-bincang dengan seorang pegawai cleaning service di sebuah lembaga pendidikan tinggi swasta ternama. Di sana saya menemukan bahwa apa yang saya nyatakan itu adalah benar adanya.

Bayangkan, mungkin seorang pimpinan tidak pernah berpikir bahwa saat ia mengeluarkan sebuah kebijakan, karyawan yang ada di bawah koordinasinya kurang mengetahui maksud di belakang kebijakan tersebut. Padahal, jika seorang pimpinan atau bos mempertanyakan kembali mengenai kebijakan yang baru saja diterapkan itu, maka ia akan memperoleh beraneka persepsi terhadap kebijakannya.

Saya juga menemukan bahwa bukan hanya pada kemampuan yang saya bicarakan di atas, tetapi juga bahwa mereka juga memiliki kemampuan untuk membentuk idealisme secara otomatis.

Mengapa bisa demikian? Mereka juga adalah manusia. Menurut saya pribadi, seorang manusia adalah sosok pribadi yang akan terus menerus berkembang. Perkembangan itu tidak hanya diperolehnya dalam sebuah lembaga pendidikan resmi. Bukan, tetapi perkembangan itu juga lahir dari pengalaman yang terus menerus membentuk dirinya. Entah itu melalui situasi kerja atau pun kondisi yang ada di sekelilingnya.

Oleh sebab itu, adalah hal salah jika ada seorang pemimpin yang menyatakan bahwa karyawan yang ada di bawah koordinasi mereka tidak memiliki kemampuan untuk menganalisa kebijakan yang dikeluarkan. Ingatlah bahwa manusia berkembang bukan hanya melalui Sekolah atau pun perguruan tinggi. Melainkan juga melalui pengalaman hidup manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

November 2010
S S R K J S M
« Okt   Des »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 163,456 PEMBACA

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

SPACE IKLAN

2560x1440-black-solid-color-background
%d blogger menyukai ini: