Cara menghindari kehilangan data

Tinggalkan komentar

12 Desember 2010 oleh mbi9

Oleh: Philipus Vembrey Hariadi

Anda sudah mengerjakan sebuah file. Lalu Anda kehilangan file tersebut. Aduh…itu merupakan pukulan telak buat Anda yang telah menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakannya. Apalagi file tersebut mungkin akan Anda pergunakan dalam sebuah acara resmi, misalnya seminar. Uh…sungguh-sungguh mengesalkan.

Ada taktik untuk mencegah hal tersebut sungguh-sungguh terjadi dala, pekerjaan Anda. Yakni dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Membuat back up data di kepingan cd.

Setiap minggu, jika ada waktu luang saya selalu menghabiskan beberapa menit dengan membuat backup data di sebuah cd. Hal ini bisa mencegah saya untuk kehilangan data-data penting yang telah saya buat. Mungkin Anda juga bisa menerapkan bagi diri Anda. Cukup dengan sebuah usb atau cd/rw Anda sudah bisa mengamankan data yang sudah Anda buat.

2. Menyimpan di Email

Selain kedua perangkat yang sudah sering saya pergunakan di atas, saya juga mempergunakan email sebagai backup data saya. Keuntungan dari mempergunakan email sebagai backup adalah tidak membutuhkan ruang yang banyak pada hardisk yang ada pada komputer kita. Selain itu, juga bisa didownload di mana pun kita berada. Yang dibutuhkan untuk mendownloadnya adalah sambungan internet.

Tapi permasalahannya adalah ada beberapa aku email yang memiliki keterbatasan untuk mengupload sebuah file. Anda perlu memiliki akun email yang juga memiliki batasan untuk mengupload sebuah file yang lebih besar daripada yang ada sebelumnya.

Demikian tips dari saya semoga berguna buat pembaca.

Tinggalkan Balasan

Arsip

date

Desember 2010
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 163,456 PEMBACA

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

SPACE IKLAN

2560x1440-black-solid-color-background
