Nyawa Vs Ambisi

Tinggalkan komentar

13 Juni 2011 oleh mbi9

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Sudah sering saya melewati jalan yang sama, yakni Bulakkapal-Jakarta. Jika di saat pagi, jalanan tersebut hanya diwarnai dengan beberapa mobil. Sisanya adalah mobil-mobil berwarna biru telur asin dengan jurusan cawang-kalimalang.

Hanya terasa aneh bagi saya saat satu bulan terakhir ini. Sudah dua kali saya melihat bangkai kucing yang tergeletak di tengah jalan. Bangkai kucing pertama adalah bangkai kucing berwarna hitam. Sedangkan yang kedua berwarna kuning dan putih.

Bangkai kucing yang pertama sempat membuat saya memberhentikan motor. Di sana saya terasa mual dan agak sedikit takut. Takut karena mengingat-ingat mitos yang pernah saya dengar mengenai bangkai kucing hitam. Mitos tersebut menyatakan bahwa jika kucing hitam yang terlindas dan mati, maka si penabrak harus berhenti dan menguburkan bangkai tersebut. Tapi kenapa kok itu bangkai dibiarkan saja tergeletak di tengah jalan.

Sama halnya dengan peristiwa yang berikutnya. Mengenai bangkai kucing pula. Tetapi kejadian ini di tempat berbeda. Kondisi bangkainya mungkin sedikit lebih parah bangkai yang pertama. Saya tidak akan menceritakannya. Karena takut mengganggu selera makan pembaca.

Dari dua penglihatan saya di dalam perjalanan tersebut, saya tidak ingin menggali mengenai bangkai dan mitos. Tetapi ada satu hal yang amat penting, yakni bahwa begitu tidak berharganya nyawa seluruh makhluk di atas jalanan. Nyawa itu menjadi rendah begitu harus bertemu dengan ambisi dan emosi. Namun, sayangnya kenapa harus nyawa yang dikorbankan? Bayangkan jika seorang anak kecil yang tengah asyik berjalan. Sementara di ujung jalan sebelah sana ada sopir mikrolet yang terburu-buru karena ingin mengejar setoran. Betapa murahnya nyawa manusia jika dibandingkan dengan ambisi dan emosinya.

Tinggalkan Balasan

Arsip

date

Juni 2011
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

