Unsur Penting Perubahan

Tinggalkan komentar

15 Juni 2011 oleh mbi9

Oleh:Philipus Vembrey Hariadi

Seorang anak yang sebelumnya tidak mau meminta maaf. Kemudian beberapa bulan kemudian ia mampu untuk meminta maaf kepada orang yang disakiti atau dipukulnya. Apakah itu sebuah perubahan? Yang pasti anak tersebut sudah melakukan tahap perubahan dengan sukses.

Mengapa demikian? Karena suatu kebiasaan yang semula tidak bisa dilakukan menjadi bisa, maka di dalam diri orang tersebut sudah ada langkah positif untuk melakukan hal yang tidak bisa.

Perubahan itu merupakan proses. Perubahan tidak terjadi dalam satu maupun dua hari. Namun perubahan merupakan langkah yang konsisten.

Tetapi perubahan itu dapat menyebabkan timbulnya dua hal, yakni yang membuka diri maupun yang tidak mau membuka diri. Bagi orang yang mau membuka diri itu saya sebut sebagai agen perubahan. Sedangkan orang yang tidak ingin mengubah dirinya, adalah orang yang mapan. Bisa saja orang tersebut merasa mapan dengan seluruh hal yang dikenal dan ditanamnya.

Dua kelompok tersebut terkadang bertemu. Keduanya kadang bergesekkan dan bahkan yang lebih parahnya saling memaki dan bisa jadi membunuh. Tapi di abad sekarang ini keduanya dinyatakan sebagai hal yang biasa dan demokratis.

Biasa? Kata itu mungkin keluar oleh pergesekkan pribadi dengan realita yang nampaknya memaksa dirinya untuk menelan pil pahit kehidupan. Orang seperti ini pun kadang memberikan doktrin dan menyebarkan dogmanya secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung, bisa jadi saat akan diadakan perubahan, orang tersebut bercerita yang di dalam cerita tersebut hendak menyakan bahwa itu tidaklah mungkin terjadi. Sedangkan secara tidak langsung, orang tersebut bisa saja memberikan sikap terhadap perubahan itu sendiri.

Dengan demikian berarti perubahan itu merupakan hal yang sulit? Tidak. Bekal bagi perubahan itu adalah melalui diri kita sendiri. Jangan harapkan orang lain mau membuang sampah pada tempatnya jika kita masih membuang sampah tidak pada tempatnya.

Untuk mencapai hal tersebut, maka diperlukan beberapa hal di dalamnya. Mulai dari iman, suara hati, kesabaran, analisa dan refleksi yang mendalam dari seluruh hal yang sudah diperoleh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Juni 2011
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 163,456 PEMBACA

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

SPACE IKLAN

2560x1440-black-solid-color-background
%d blogger menyukai ini: