Apakah Anak Anda Salah 100%

Tinggalkan komentar

11 Juli 2011 oleh mbi9

Oleh: Philipus Vembrey Hariadi

Anak dicubit, anak dipukul dan anak dipukul dengan menggunakan benda tumpul hanya karena kesalahan yang dibuat olehnya. Adapula anak yang dicubit oleh karena bahasa yang kurang tepat saat berbicara. Huh…itu adalah pemandangan yang hampir setiap kali saya lihat dan saya nikmati.

Jika melihat fakta itu semua saya menjadi bertanya-tanya, “Apakah tindakan yang demikian memiliki nilai pendidikan? Apakah juga tindakan demikian mencerminkan orang tua yang mendidik?”. Jika memang ada nilai pendidikan nilai apa yang diperoleh dari tindakan demikian?

Saya cuma punya satu kata, “kasian” anak itu. Hanya karena keterbatasan dari pola pikir orang tua sampai harus mengorbankan tubuhnya. Dipukul, dicubit dan bahkan ditampar. Itu merupakan salah satu cermin dari keterbatasan orang tua dalam berpikir.

Padahal jika diselidiki, hampir sebagian besar kesalahan yang tercipta atau dilakukan oleh anak adalah kesalahan orang tua. Kesalahan dalam hal perhatian, bahasa dan tindakan. Ambil satu contoh, seorang ibu memukul anak oleh karena tidak bisa tidur. Sementara di dekatnya ada kakak dari anak kecil tersebut. Usianya baru tiga tahun. Kakaknya tersebut pun sering memukul adik-adiknya. Di mana letak kesalahan dari anak yang berusia 3 tahun tersebut?

Oleh sebab itu, marilah kita sebagai orang tua maupun calon orang tua, belajar untuk berani mengakui kesalahan. Berangkat dari kesalahan tersebut, terjadi proses perbaikan diri. Baik perkataan maupun tindakan. Sehingga kita mampu mendidik anak menjadi anak yang berguna bagi bangsa dan negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Juli 2011
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: