Perlukah Ketakutan?

Oleh: Philipus Vembrey Hariadi

Saya pernah bertanya kepada seorang teman, “mengapa Anda tidak berani untuk mengambil keputusan?”. Teman yang saya tanyakan itu menjawab, “Saya takut terjadi sesuatu setelah mengambil keputusan tersebut”.

Penggalan cerita tersingkat yang saya buat di atas hendak mengajak Anda kepada satu hal, yakni menghantar kepada suatu pemikiran yang dapat membuat keputusan itu tidak bisa dihasilkan atau dijalankan.

Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah ketakutan. Ketakutan ini timbul disebabkan oleh beberapa hal yang turut mempengaruhinya, yakni pengalaman yang buruk dan merasa kurang kompeten untuk menjalankannya.

Pengalaman seseorang dapat dibagi menjadi tiga. Pengalaman yang indah namun masih dalam kadar yang biasa-biasa saja. Pengalaman yang indah namun sulit dilupakan. Yang terakhir adalah pengalaman menyakitkan dan sangat sulit untuk dilupakan.

Keseluruhan pengalaman tersebut terdapat dan ada di dalam diri tiap manusia. Hanya saja dalam menyikapi pengalaman-pengalaman tersebut juga bermacam-macam. Ada yang biasa-biasa saja, ada yang terkenang sekali dan ada yang tidak mau mengenangnya sama sekali.

Berbicara soal pengambilan keputusan bagi orang atau pribadi yang memiliki pengalaman buruk, maka ketakutan itu sangatlah tidak perlu. Karena di saat keputusan itu sudah diminta kepada Anda,maka jangan takut. Berarti Anda dianggap memiliki kemampuan untuk memutuskan hal tersebut. Kecuali hal tersebut diminta kepada orang lain di luar diri Anda, maka silahkan Anda tidak perlu takut.

Di atas secara tidak langsung juga saya sudah menuliskan hal-hal yang turut dibutuhkan bagi pribadi yang merasa kurang mampu atau kurang kompeten. Di atas saya sudah menuliskan bahwa jika Anda sudah dimintakan keputusan,maka silahkan Anda putuskan. Hal itu mengibaratkan bahwa Anda sudah memiliki kompetensi di dalam bidang tersebut. Berpikirlah positif agar tidak dirudung oleh hal-hal yang bersifat ketakutan. Hidup Anda pun menjadi lebih segar dan berwarna.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s