PENTINGNYA JARINGAN ATAU NETWORK

on
gambar:bisnisukm.com
gambar:bisnisukm.com

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Setelah melewati tingkat kesibukkan yang sangat tinggi, saya kembali menuliskan dan mengisi blog saya ini dengan sebuah tulisan. Maklum disamping sebagai seorang guru honorer, saya juga menjadi penulis di blog saya sendiri.

Oke, topik kita hari ini ialah jaringan atau network. Sempat terpikir bagi saya jaringan hanya diperlukan bagi seorang sales atau tim marketing. Ternyata pemikiran saya itu adalah keliru adanya. Karena pada kenyataannya jaringan atau network itu adalah penting.

Mengapa penting? Satu, di saat kita dalam keadaan di mana kita membutuhkan bantuan dari orang lain, maka kita dapat menghubungi beberapa orang yang mungkin masuk ke dalam jaringan atau network kita. Entah itu saudara sedarah atau mungkin kerabat dekat kita. Di dalam hal ini ditambah dengan maksud yang murni lho…Jangan maksud yang justru menjadikannya sebagai lahan bisnis.

Kedua, jika jaringan atau network kita sudah meluas, maka itu merupakan adalah langkah mudah bagi kita untuk membangun sebuah bisnis. Untuk melengkapi atau menunjang langkah ini, satu hal dasar yang diperlukan di dalamnya, yakni membangun kepercayaan. Di samping itu, diperlukan pemisahan antara keluarga dan rekan bisnis. Karena jika tidak demikian, maka akan terjadi chaos atau kekacauan di dalamnya.

Ketiga, jaringan atau network akan membantu kita untuk meraih apa yang kita inginkan. Tentu dengan restu dan doa mereka, apa yang kita inginkan akan terwujud. Mungkin mereka dapat menjadi salah satu donatur bagi misi atau menjadi penyumbang saran.

Demikianlah tulisan singkat saya mengenai pentingnya sebuah jaringan. Semoga artikel ini berguna bagi hidup Anda. Terima kasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s