Dilematis dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pilihan

on
gambar:time-missed.blogspot.com
gambar:time-missed.blogspot.com

Oleh: Philipus Vembrey Hariadi

Dilematis adalah kondisi di mana manusia terjebak di antara dua pilihan. Kondisi itu membuat dirinya terpojok dalam dua pilihan yang memiliki bobot hampir sama. Tidak hanya itu pilihan itu pun menyangkut kredibilitas diri. Huh…itu sungguh-sungguh keadaan yang tidak mengenakkan dan nyaman.

Tetapi ada satu hal yang sebenarnya hampir tidak disadari oleh manusia di dalam keadaan tersebut. Di balik dua pilihan yang memiliki bobot, manusia dapat menilai bobot dan kualitas dari keduanya. Karena satu hal yang saya percaya bahwa pilihan boleh saja sama tetapi bobot dan kualitas sekaligus prioritas dapat membedakannya.

Hanya saja, kualitas yang saya nyatakan di atas ternyata kurang mendapat perhatian oleh manusia. Di dalamnya manusia justru menjebakkan diri pada suatu keinginan dan hal-hal yang memiliki kecenderungan menjauhkan kerugian pada dirinya sendiri.

Itu sungguh sebuah hal yang lucu bagi saya. Karena pilihan yang dipilih oleh manusia memang cenderung memihak pada keuntungannya sendiri. Tetapi jika hanya untuk menghindari kerugian lebih besar, maka kadang arahnya justru menjadi berubah. Terkadang manusia mendatangkan kerugian bagi dirinya sendiri.

Nah, di dalam tulisan ini saya mau menyatakan bahwa ada beragam hal yang perlu dipikirkan dalam pilihan. Mulai dari kualitas dan bobo pilihan bagi masa depan, kemajuan diri dan pengembangan diri manusia itu sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s