Gangguan Koneksi Pada Blackberry? Jangan Panik

4

26 Desember 2011 oleh mbi9

blackberry germini 8520

blackberry germini 8520

Oleh: Philipus Vembrey Hariadi

Malam natal kemarin saya dipusingkan dengan masalah yang menyerang gadget andalan, yakni blackberry. Masalah itu terletak pada koneksi yang ada di luar jangkauan pengetahuan saya.

Sejak malam natal koneksi yang diterima oleh blackberry saya hanya bertuliskan GSM. Ini masalah bagi saya. Karena jika dirunut mengenai koneksi yang ada pada blackberry,maka koneksi yang diterima oleh blackberry saya ada pada peringkat terendah. Karena jika hanya bertuliskan GSM, maka saya hanya bisa menelpon dan mengirim dan menerima sms saja. Untuk bbm, saya memerlukan koneksi yang berstatuskan EDGE. Dengan huruf besar lho ya….bukan dengan huruf kecil.

Menghadapi masalah itu pada pagi harinya saya mencoba mengotak-atik sistem koneksi yang ada di dalam blackberry andalaan. Tetapi itu ternyata tidak membuahkan hasil yang signifikan bagi koneksi blackberry. Karena masih saja bertuliskan GSM.

Kesal dengan koneksi itu hampir saja membuat saya ingin membuang provider yang saya tambatkan di dalam blackberry. Tetapi saya pikir, jika saya menyerah hanya karena masalah koneksi, maka akan membuat saya sedikit konsumtif. Karena hanya masalah seperti itu membuat saya jadi menggonta-ganti kartu gsm. Itu sangat melanggar prinsip saya.

Sewaktu siang hari tepatnya tanggal 25 Desember, saya menghubungi provider. Mereka menjelaskan bahwa di dalam sistem tidak terjadi gangguan yang berarti. Terutama mengenai signal. Karena itu sudah diatasi oleh kesigapan dalam menghadapi hari raya.

Customer service provider itu menjelaskan kepada saya untuk melakukan beberapa hal, yakni masuk ke dalam manage connection lalu klik mobile network option. Setelah itu ubah status network selection mode dari semula berstatuskan automatic menjadi manual. Lalu di menu bawah akan terlihat provider yang ada di Indonesia. Di sana saya diminta untuk memilih provider lain diluar provider yang saya gunakan. Kemudian, setelah itu matikan handset. Istilah dimatikan dalam hal ini bukan hanya dimatikan melainkan direstart dalam keadaan hidup, yakni dengan cara mencabut baterey. Lalu setelah itu hidupkan kembali handset. Setelah hidup, masuk kembali ke dalam menu yang sama seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Setelah itu ubah network selection mode dari semula manual menjadi automatic. Setelah itu, perhatikan dengan seksama, apakah ada perubahan status dari koneksi atau tidak? Status koneksi di bb saya pun berubah. Dari GSM menjadi EDGE. Dengan itu pun saya bisa kembali mengirimkan bbm untuk mengucapkan selamat hari raya kepada teman-teman dan rekan kerja.

4 thoughts on “Gangguan Koneksi Pada Blackberry? Jangan Panik

  1. Anonim mengatakan:

    Aduhhh bb Ω̶̣̣̥̇̊ќ͡ʊ̤̥̈̇ juga kyk gtu nehhh pusg akuuuuu

  2. mbi9 mengatakan:

    Yang sabar,ya….itu semua tergantung providernya…..

  3. m.saiful anwar mengatakan:

    sudah di coba tapi masih saja begitu

  4. Anonim mengatakan:

    bagai mana ini edge nya masih kecil

Tinggalkan Balasan

Arsip

date

Desember 2011
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

