Mengolah Konflik di dalam Organisasi atau Perusahaan (bagi karyawan atau anggota)

Tinggalkan komentar

28 Desember 2011 oleh mbi9

Gambar: northtexasnegotiations.com

Gambar: northtexasnegotiations.com

Oleh: Philipus Vembrey Hariadi

Di dalam sebuah organisasi pasti terjadi masalah. Di dalam sebuah organisasi atau sebuah perusahaan terbesar pun pasti mengalami perselisihan. Tidak mungkin tidak hal itu bisa dihindari atau dikatakan tidak ada. Itu saya katakan sebagai dinamika di dalam kehidupan berorganisasi atau pengelolaan perusahaan. Namun, pertanyaannya adalah apa yang harus dilakukan jika konflik atau perselisihan terjadi?

Ini semua tergantung pada pimpinan yang ada di dalam perusahaan. Ada pemimpin yang peduli dan ada pula pemimpin yang tidak memperdulikan hal tersebut. Ada pula pemimpin yang justru memanfaatkan konflik dan mengambil keuntungan dari konflik tersebut.

Itu adalah beberapa gambaran umum mengenai sikap pemimpin di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Berikut ini adalah tips untuk mengatasi konflik atau permasalahan dalam organisasi atau perusahaan secara khusus untuk karyawan.

1. Apa Keuntungan bagi Anda?
Di dalam sebuah organisasi atau perusahaan pada umumnya memiliki struktur yang jelas. Misalnya, pada bagian kesekretarisan akan berhubungan juga dengan seluruh bagian yang terdapat di dalam organisasi. Demikian juga halnya yang terdapat di perusahaan. Seluruh bagian akan berkaitan satu sama lain.

Berkaitan dengan itu, maka pertanyaan saya ialah apa keuntungannya bagi Anda jika menghanyutkan diri di dalam konflik? Bukankah itu justru melawan kebijakan yang ada di dalam sebuah perusahaan?

Dengan memikirkan pada akar dari keuntungan, maka itu akan menjaga bagaimana seharusnya kita bersikap sebagai seorang karyawan.

2. Apakah itu Menguntungkan Posisi Anda?
Dengan sebuah konflik atau permasalahan pada dasarnya adalah sebuah pembinaan bagi diri Anda. Karena di dalamnya terdapat sebuah pengembangan pribadi dalam menghadapi konflik. Sehingga hal itu dapat berguna bagi posisi Anda saat ini dan nanti.

Satu hal yang saya yakini bahwa semua orang tidak akan berada di posisi yang sama dalam setiap tahunnya. Dalam sebuah organisasi atau perusahaan selalu membuka peluang dalam pengembangan diri atau karier.
Dengan demikian ada satu hal yang perlu Anda pikirkan di dalam menyikapi sebuah konflik, yakni konflik adalah sebuah keuntungan bagi posisi Anda. Karena di dalam sebuah konflik pasti terdapat nilai pendidikan di dalamnya. Entah itu bagaimana Anda mengolahnya atau bagaimana Anda menyikapinya. Jika Anda terjerumus pada hal yang kurang pas, maka Anda akan terjerumus pada keputusan dan itu justru juga akan berdampak pada posisi Anda.

Demikianlah uraian saya dalam menyikapi sebuah konflik atau permasalahan di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Semoga ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Desember 2011
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: