
Oleh: Philipus Vembrey Hariadi
Anda baru saja terpilih menjadi seorang pemimpin organisasi? Anda adalah orang baru di dunia organisasi? Tidak tahu apa yang harus Anda perbuat setelah resmi menjadi seorang pemimpin? Jangan takut. Saya mencoba membantu Anda melalui beberapa tips management berdasarkan pengalaman pribadi saya di dalam berorganisasi.
Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah mempermudah struktur kepengurusan di dalam organisasi. Kenapa harus demikian? Membuat struktur ini adalah dengan maksud mempermudah jalur koordinasi yang akan Anda lakukan kepada orang-orang yang bekerja di dalamnya.
Setelah itu dilakukan, Anda perlu tahu bahwa pada dasarnya manusia memiliki kecenderungan lupa akan tugas awalnya dan mungkin kurang paham terhadap posisinya, sehingga terjadi beberapa kekeliruan pada masa sebelumnya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda kembali membuat jobdesk. Tujuan dari pembuatan ini ialah menjelaskan mengenai jenis pekerjaan dan tanggung jawab orang yang berada di dalamnya terhadap pimpinan. Ini pun bisa menjadi sarana pengingat bagi mereka yang mungkin lupa terhadap posisi mereka semula.
Kedua langkah di atas sudah dilakukan, sekarang pertanyaannya ialah siapa orang yang tepat untuk mendampingi Anda di dalam posisi atau struktur yang sudah Anda buat atau pun wariskan dari yang sebelumnya?
Buka kembali catatan track record yang pernah tersimpan pada file-file sebelumnya. Atau cara termudah ialah membuka kembali memory Anda. Karena saat Anda mengerjakan suatu event atau kegiatan yang melibatkan rekan kerja, Anda dapat mengenali kinerja mereka. Oleh sebab itu, fungsi pengamatan adalah sangat baik. Di sini pun Anda perlu mendengarkan saran dari orang-orang yang dianggap sebagai orang yang memiliki analisa yang tajam dan objektif.
Itu saja saran dari saya semoga berguna. Terima kasih.