Hilangkan Ketakutan dan Menulislah

gambar: kirmann.wordpress.com

gambar: kirmann.wordpress.com

Oleh: Philipus Vembrey Hariadi

Menulis, bagi beberapa orang yang saya kenal, Anda kenal atau kita semua kenal mungkin menjadi sesuatu yang menakutkan. Mengapa menakutkan? Karena menulis adalah hal yang sulit dan enggan untuk melakukannya. Itu pun menjadi alasan bagi beberapa orang untuk tidak menulis.

Selain beberapa faktor yang saya sebut ada satu faktor yang juga ternyata menjadi halangan untuk menulis, yakni ketakutan akan kesalahan. Menulis memang merupakan suatu ungkapan menyampaikan pendapat, opini atau ide kita tentang suatu hal. Tetapi ketika bertemu dengan ketakutan, maka tentu menulis akan menjadi suatu hal yang sangat sulit untuk dijalankan.

Mengapa demikian? Karena ketakutan merupakan pangkal dari penghalang datangnya kreatifitas. Ketika seseorang takut akan kesalahan yang diperbuat, maka kreatifitas tidak akan keluar. Oleh sebab itu, untuk membangkitkan kreatifitas tahap pertama adalah menghilangkan ketakutan akan kesalahan. Setelah ketakutan tersebut hilang, maka temukanlah kreatifitas Anda. Maka Anda bisa menulis dengan tenang dan lepas.

Jangan takut akan kesalahan. Kesalahan pada dasarnya adalah bukan sesuatu yang menakutkan melainkan suatu hal yang pas bagi kita untuk menyempurnakan diri. Oleh sebab itu, mari hilangkan ketakutan, kreatif dan menulis terus…….

Semoga tulisan ini berguna bagi teman-teman yang mengalami kesulitan dalam membuat tulisan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s