Usaha yang Tiada Henti (Ayo….kamu pasti bisa menghafal warna dan huruf): Usaha dalam Mendidik Anak Usia 3 tahun.

Tinggalkan komentar

17 Mei 2012 oleh mbi9

Puzzle Huruf

Puzzle Huruf

Oleh: Philipus Vembrey Hariadi

Sudah lama saya tidak menulis di blog ini. Rindu rasanya untuk menulis kembali. Tetapi sebelumnya saya meminta maaf kepada pembaca setia yang sudah sering kali mampir ke blog ini. Maaf karena baru kali ini saya mengalami tingkat kesibukan yang sangat tinggi.

Kali ini melalui tulisan saya ini, saya ingin berbagi kepada para pembaca sekalian. Membaca merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Namun, sebelum mampu membaca seseorang harus memiliki basic kompetensi dalam memahami huruf. Bahkan ia harus mampu menghafal huruf tersebut.

Berdasarkan pemahaman tersebut, saat ini saya dan pasangan saya sedang terus berusaha untuk mendidik keponakan. Saya sangat prihatin terhadap keponakan saya ini. Di saat usianya memasuki 3 tahun, ia belum memiliki kemampuan untuk mengenali huruf dan bahkan warna. Oleh sebab itu, di dalam tulisan ini saya akan mengawali langkah dasar saya untuk memperkenalkan kedua hal tersebut melalui satu paket mainan yang sudah saya beli.

Secara kebetulan saat saya mencari mainan untuk keponakan saya, saya menemukan mainan yang mungkin akan kurang diminati jika saya memberitahukan kepada keponakan saya. Tetapi melalui permainan ini, setidaknya saya mau menggunakan kesenangannya dalam memainkan permainan bongkar pasang pada permainan puzzle huruf ini.

Permainan ini puzzle huruf. Alasan saya membelinya adalah di dalam permainan ini terdapat beberapa paket sekaligus. Mungkin ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi orang tua yang ingin anaknya mampu membaca dan menulis. Dalam permainan ini ada beberapa hal yang bisa diasah bagi kemampuan Anak Anda.

Pertama, anak Anda akan mendapatkan kemampuan spasial. Kemampuan spasial akan membawa anak Anda mampu menghafal ruang. Melalui permainan ini, anak Anda dapat diajak untuk menghafal susunan huruf. Ini dapat memacu kecerdasan spasialnya.

Kedua, dengan permainan ini Anda akan memacu kecerdasan dalam menghafal huruf. Anda bisa mengacak susunan huruf untuk kemudian memberikan kesempatan bagi anak Anda untuk menyusunnya seperti semula. Persis seperti permainan bongkar pasang.

Ketiga, melalui permainan ini pula Anda bisa memacu kemampuannya dalam hal linguistik. Anda bisa mengajaknya membaca dari huruf yang mungkin anak Anda susun atau pun Anda sendiri.

Semoga usaha saya ini dan juga usaha Anda yang ingin anak mampu membaca dan menulis dapat terwujud. Tapi ingat, ini merupakan salah satu cara dari sekian cara yang coba saya buat agar keponakan saya bisa memiliki kompetensi tahu warna dan huruf. Sehingga, ia bisa membaca. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Arsip

date

Mei 2012
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,744 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

