Nilai dan Keuntungan dalam hal Perkenalan

2

2 September 2012 oleh mbi9

image

gambar: etikawanita.blogspot.com

Oleh: Philipus Vembrey Hariadi

Berkenalan, bagi beberapa orang merupakan hal yang kurang penting. Padahal bagaikan sebuah buku, buku itu tidak akan dibeli oleh calon pembelinya jika di dalam buku tersebut tidak diberikan pengantar dan alasan mengapa harus membaca buku. Dari sebab itu, maka nilai dari perkenalan adalah penting adanya. Namun, sangat disayangkan bahwa nilai ini begitu dikesampingkan.

Mengapa perkenalan itu penting? Karena menurut prinsip seorang pebisnis, “semakin banyak memiliki kenalan, maka bisnis pun akan semakin sukses.” Serupa dengan hal itu, dengan berkenalan ada beberapa keuntungan yang nantinya akan kita peroleh. Di antaranya ialah:

1. Melatih Jiwa Sosial
Mengapa melatih jiwa sosial? Dengan berkenalan, seseorang akan memperlihatkan jiwa sosialnya. Ia akan menghampiri orang yang ingin dikenalnya atau tidak. Karena di saat hal seperti itu terlihat di dalam diri seseorang, maka akan terlihat jiwa sosial dari diri seseorang. Jiwa sosial tidak hanya terlihat dari seberapa sering seseorang memberikan sumbangan kepada yatim piatu atau ke panti asuhan. Melainkan juga dapat diperhitungkan pada saat seseorang mengungkapkan seberapa banyak orang yang telah mengenal dirinya.

2. Menambah Jaringan
Bagi seorang pebisnis, memiliki kenalan yang banyak merupakan hal yang paling dibutuhkan. Dengan memperbanyak kenalan, maka seorang pebisnis akan semakin memiliki potensi meraih keuntungan yang banyak. Karena melalui kenalan itulah pebisnis dapat memasarkan produk yang diproduksi atau dijualnya.

3. Mendapatkan Jodoh
Ini adalah hal yang sering dilakukan seseorang yang belum mendapatkan pasangan hidup. Mereka akan berupaya keras untuk mendapatkan pasangan hidup. Tetapi sebelum itu, maka mereka harus melewati proses perkenalan. Karena melalui proses itulah, maka segala kemungkinan di dalam percintaan akan terjadi.

4. Menilai Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri
Di dalam perkenalan terdapat dua kemungkinan. Kemungkinan pertama, seseorang akan berkata jujur mengenai dirinya. Kejujuran ini pada dasarnya akan membawa dampak yang menguntungkan bagi diri kita. Karena kita tidak perlu menertawakan diri sendiri oleh karena telah berbohong. Sebab di saat kita berbohong pada dasarnya terdapat konsekuensi yang tinggi di dalamnya untuk hubungan dengan orang tersebut. Kita bisa dicap pembohong. Bayangkan jika kita berkata bahwa, “saya bekerja di perusahaan terkenal.” Tetapi ternyata orang yang berkenalan dengan kita adalah orang yang bekerja di perusahaan tersebut.

Kemungkinan kedua, kebohongan seperti yang sudah ditegaskan di atas. Sepertinya banyak orang yang puas dengan berbohong. Karena dengan melakukan kebohongan, maka orang yang berkenalan dengan kita akan selalu memandang kita. Tetapi dampaknya ketika kedok itu terbuka ialah kata pembohong akan diberikan dan menjadi cap untuk diri kita. Oleh sebab itu melalui perkenalan akan juga menggambarkan diri sendiiri itu seperti apa.

Sekian dulu tulisan ini, semoga bisa berguna bagi perkembangan hidup kita di dunia ini.

2 thoughts on “Nilai dan Keuntungan dalam hal Perkenalan

  1. Terimakasih.
    Sangat bermanfaat.

  2. mbi9 mengatakan:

    Terima kasih, suster….blognya bagus lho….penuh dengan informasi yang bagus….salam kenal suster….God bless

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

September 2012
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: