2 Tekhnik Mudah dalam Menulis

Tinggalkan komentar

22 September 2012 oleh mbi9

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Banyak orang yang memiliki kekaguman terhadap kemampuan orang lain dalam hal menulis. Banyak orang pula yang memiliki rasa ingin tahu bagaimana agar saya bisa menulis dengan baik. Banyak orang pula yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang penulis yang baik. Tetapi banyak orang pula yang memiliki rasa ingin menjadi seorang penulis namun kurang memiliki minat terhadap membaca. Yang terpenting hanyalah “ingin menjadi penulis.”

Para pembaca, perkenankanlah saya memberikan sharing saya di dalam tulisan ini. Saya dulu bukanlah orang yang berbakat sekali dalam hal menulis. Saya tidak mempunyai keinginan untuk memiliki sebuah blog dan menampilkan seluruh tulisan saya. Dulu saya hanya seorang penulis puisi lembaran. Apa maksudnya lembaran? Jika ada seorang teman atau dalam organisasi sekolah menginginkan sebuah puisi, maka saya dimintai tolong untuk membuatnya. Itu pun saya kerjakan di dalam selembar kertas.

Sekarang saya sudah memiliki keberanian dalam hal menampilkan karya-karya saya di dalam blog pribadi ini. Di dalam blog ini pun sudah ada berderet karya tulisan saya, entah berupa puisi, kata-kata motivasi atau pun cerita pendek. Di antara sekian deret tulisan yang sudah ditampilkan di dalam blog ini, mungkin ada beberapa yang saya kutip dari blog lain atau pun pandangan orang lain. Tetapi jauh dari pada itu sekitar 80% adalah merupakan tulisan asli saya.

Oleh sebab itu, saya ingin sharing kepada Anda semua yang mungkin ingin menjadi seorang penulis atau ingin belajar menulis. Sekaligus melihat tantangan sebagai seorang penulis. Tetapi maaf, sebelum membaca, tips saya ini lebih bersifat kepada media on-line. Jadi, mungkin bagi yang memiliki keinginan untuk menulis buku, silahkan diambil beberapa tips yang sesuai untuk Anda.

1. Jawab Pertanyaan Melalui Buku atau Artikel Koran

Semua orang pasti memiliki pertanyaan di dalam diri. Mungkin itu pertanyaan mengenai perasaan atau pemikiran orang lain yang sedikit mengganggu diri. Dulu saya selalu terganggu dengan beragam pemikiran liar. Mulai dari, apakah benar bahwa dunia ini diciptakan oleh Tuhan? Lalu, dengan bermodalkan pertanyaan tersebut, maka saya mencoba untuk mencari segala jenis asupan gizi dari perpustakaan dan buku keagamaan. Lalu, pada akhirnya saya menemukan jawabannya.

Pertanyaan di dalam diri kita pada dasarnya merupakan aset penting yang membuat pikiran kita berjalan di luar dari kebiasaan. Di saat itulah, salah satu kewajiban bagi seorang manusia yang memiliki keinginan untuk maju harus memberikan pikiran itu peluang untuk berkembang. Jika pertanyaan itu hanya dijawab melalui saran dan pengalaman pribadi, maka menurut saya itu masih sedikit terlalu miskin. Karena pengalaman yang kita terima, jika Anda bertanya kepada orang lain, mungkin memiliki pengalaman yang sama. Tetapi titik perbedaannya adalah pada saat cara menyingkapi pengalaman tersebut.

Jika langkah ini sudah berjalan di dalam diri Anda, maka level untuk menumbuhkan minat baca sudah tercapai. Jika ini sudah berjalan pun, maka jangan segan-segan bagi Anda untuk mampir ke perpustakaan atau pun toko buku terdekat meski hanya sekedar untuk membaca.

2. Tulis Pertanyaan Anda dan Jawaban yang Diperoleh

Ketika pertanyaan yang Anda cari sudah memperoleh jawabannya, maka jangan dilepas atau hanya dibuang begitu saja. Sayang, jika jawaban dari pertanyaan Anda hanya dibuang begitu saja. Tetapi tulislah pertanyaan itu dan kemudian jawaban dari pertanyaan tersebut. Hitung-hitung, di sini Anda juga belajar untuk mengatur strategi di dalam menyiasati hidup ini. Tentunya, jangan lupa pula bahwa jika jawaban itu Anda peroleh dari buku, maka tuliskan pula sumber jawaban Anda tersebut.

Jika kedua langkah tersebut sudah Anda jalankan, maka silahkan melakukan eksperimen lainnya untuk mempermudah Anda dalam hal menulis. Tips saya ini mungkin dapat membantu Anda dalam menyalurkan keinginan Anda dalam hal menulis. Selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

Arsip

date

September 2012
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

