Bodycom Starter P200ku Rusak…..

2

16 Februari 2013 oleh mbi9

image

bodycompulsar

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Berawal dari mencuci p-200, kemudian mengalami kesulitan untuk menghidupkan mesin. Distarter berkali-kali tetapi mesin tidak juga hidup. Hingga pada akhirnya ada bunyi “tak…” pada blok mesin bagian kiri. Dek-dekan memang dikarenakan bunyi keras itu terdengar dari bagian kiri. Saya khawatir bahwa itu bukan bunyi dari cm starter melainkan dari head engine p-200.

Saya diamkan mesin sekitar 30 menit. Setelah itu saya starter kembali. Syukur mesin hidup, tetapi aneh….ada bunyi yang turut menyusulnya. “Klek, klek, klek” seperti bunyi bola besi yang terombang-ambing di dalam mesin. Makin khawatir saja. Lalu saya diamkan p-200 dan tidak saya pakai. Saya lebih memilih naik angkot. Agar p-200 bisa saya bawa ke klinik pulsar terdekat.

Keesokan harinya, kebetulan hari sabtu. Saya membawa p-200 Beres Tambun untuk dicheck. Ketika dihidupkan oleh si mekanik, ternyata bunyi bola besi itu masih ada. Bunyinya semakin keras ketika posisi motor dimiringkan. Si mekanik bilang bahwa bodycomnya kena. Lalu, langsung saya tanya, barangnya adakah? Si mekanik menjawab, ada. Ya sudah, langsung dipasang aja, mas.

Tidak lama kemudian p-200 sudah hidup kembali. Suara bola besi di dalam mesin pun hilang. Ternyata harus mengganti bodycom starter. Harganya lumayan kurang lebih Rp 150.000 an….itulah pengalaman saya mengganti bodycom starter pulsar 200.

Dari sini saya belajar dari beberapa blog yang mengulas mengenai pulsar. Bahwa jika ingin menghidupkan mesin pulsar tidak boleh distarter secara terus menerus. Berikan jedah yang cukup agar bodycom starter bisa lebih awet.

2 thoughts on “Bodycom Starter P200ku Rusak…..

  1. Ferdy Lpu mengatakan:

    sama kaya punya saya mas… ini memang penyakit pulsar paling umum

  2. mbi9 mengatakan:

    Oh…bro, juga pake pulsar?

Tinggalkan Balasan

Arsip

date

Februari 2013
S S R K J S M
« Des   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 163,456 PEMBACA

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

SPACE IKLAN

2560x1440-black-solid-color-background
