Penyebab Lain Rusaknya Bodycom Starter Pulsar dan Cara Menghindarinya

2

3 Maret 2013 oleh mbi9

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Kalau kemarin saya sempat bermasalah dengan body com starter. Sekarang saya mendapatkan info atau tips dari salah satu mekanik bengkel Trio Motor (doctor pulsar).

Kemarin saya sempat mampir untuk memperbaiki shock depan pulsar 200. Maklum sudah usia 3 tahun, sudah waktunya jajan. Saya hanya mengganti seal shock depan agar performance dari pulsar 200 semakin mantap dalam menggasak aspal jalanan. Sekaligus saya juga ingin mencoba pelayanan dari bengkel trio motor.

Saya tongkrongin pulsar 200 saya di bengkel trio motor bersama dua pulsar lain dari pemilik lain. Satu pulsar 180 dan yang kedua pulsar 135. Kedua motor tersebut nampaknya ingin servis dan sekaligus mengganti kampas kopling yang sudah habis. Saya pun kena giliran untuk menunggu. Harus berbekal kesabaran nih… Meski sampai malam.

Akhirnya satu per satu motor pun selesai diservis. Sekarang giliran my P200 (horaayyy). Begitu motor distandard tegak, ternyata ada bunyi besi beradu dari belakang saya duduk. Suara itu keluar dari Pulsar 180 yang baru saja diservis. Sontak saya dan mekanik langsung berkata, “Body-Com” kena. Mekaniknya terkejut melihat saya berkata seperti itu. Memangnya sudah pernah kena, mas? Tanya sang mekanik. Pernah, mas….Parah banget kalau udah ngomongin soal spare part yang satu ini. Kadang susah dan kadang mudah ditemukan. Tapi ini ialah salah satu seni dari pulsar.

Si pemilik pulsar 180 itu kaget dan bingung. Apa itu body com? Si mekanik pun menghampiri dan menjelaskan kepada pemilik itu. Lalu, saya bertanya kepada mekanik yang satunya lagi, Bagaimana caranya agar bodycom itu awet? Salah satu caranya jangan menarik gas pada saat starter. Karena ketika kita menarik gas pada posisi starter, itu akan mengagetkan posisi bodycom, sehingga bodycom bergeser dengan keras dari posisi semulanya. Oleh sebab itu, hindari menarik gas pada saat menyalakan motor.

Oh…begitu, nanti saya akan coba untuk tidak menyalakan starternya dan bagi Anda semua pengguna pulsar, mungkin ini bisa menjadi referensi tambahan. Karena mungkin selama ini yang kita ketahui adalah menghindari starter yang dilakukan secara terus menerus tetapi ternyata ada penyebab lain dari rusaknyabodycom. Semoga berguna…

2 thoughts on “Penyebab Lain Rusaknya Bodycom Starter Pulsar dan Cara Menghindarinya

  1. PUCUQ mengatakan:

    BODY COM ITU APA??

  2. mbi9 mengatakan:

    Komponen starter pada pulsar yang ada di blok kiri, bro

Tinggalkan Balasan

Arsip

date

Maret 2013
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,744 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

