Makna dari Sebuah Kegagalan

Tinggalkan komentar

12 Maret 2013 oleh mbi9

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Kegagalan merupakan salah satu hal yang sering kali kita jumpai. Kegagalan juga pula sering kali harus kita hadapi. Oleh karena itu, kegagalan dapat kita katakan sebagai pasangan yang sulit sekali diceraikan dari hidup seorang manusia. Manusia bisa menangis karena kegagalan. Manusia bisa menolak untuk melanjutkan hidup karena kegagalan. Manusia juga bisa merubah karakternya hanya dalam sekejap oleh karena kegagalan. Oleh karena kegagalan itu pula seorang manusia mampu bertindak di luar batas nalarnya.

Tetapi apakah Anda tahu bahwa ada sebuah nilai yang terkandung di dalam sebuah kegagalan. Misalnya, ada seorang atlet pelari. Dia mendaftarkan diri di dalam sebuah kompetisi. Setelah mendaftarkan diri, atlet tersebut pun mempersiapkan diri untuk mengahadapi kompetisi tersebut. Segala sesuatunya terus dipersiapkan olehnya. Sampai pada hari penentuan, si atlet tersebut pun terus mempersiapkan diri. Begitu perlombaan dimulai apa yang terjadi? Ternyata atlet tersebut tidak berhasil memperoleh kemenangan. Tidak juga pada peringkat dua atau pun tiga. Tidak mendapatkan peringkat.

Dari cerita itu sebenarnya kita bisa mempelajari bagaimana kegagalan itu bisa menimpa siapa saja. Tidak hanya pada atlet lari, tidak juga hanya pada pemain tim sepakbola. Apalagi seorang presiden pun pasti terkadang harus bertemu dengan makhluk yang namanya kegagalan. Justru permasalahannya terjadi ketika kita diajak untuk berpikir mengenai solusi dari kegagalan tersebut. Banyak sekali justru terjadi permasalahan di dalam penyelesaian akhir dari sebuah permasalahan.

Yang perlu kita ketahui bersama ialah kegagalan merupakan sebuah cambuk. Di mana di dalam kehidupan ini, kita kerap kali diajak oleh Yang Kuasa untuk berpikir mengenai keberhasilan hidup. Misalnya, kerap kali kita gagal di dalam memperoleh pasangan hidup yang setia. Padahal tentu saja ada asap sudah pasti memiliki api. Itu mengibaratkan something wrong. Entah itu kepada cara kita atau bagaimana kita menjaga pasangan hidup. Itu mengenai kegagalan merupakan cambuk.

Ada juga makna lain dari sebuah kegagalan, yakni kegagalan merupakan kesempatan untuk bercermin. Banyak orang yang lupa saat berada di bawah. Seperti itulah kata bijaknya. Karena dia melupakan apa yang dialami saat di bawah, maka dia sudah pasti gagal. Sebenarnya kegagalan pada makna ini lebih dari pada hanya penyederhanaan begitu saja. Justru kegagalan pada kategori ini lebih kepada analisa seseorang. Karena kegagalan pada makna ini  justru mengajak kita merefleksikan diri. Apakah kita berguna bagi setiap orang atau hanya pada kalangan tertentu saja. Atau juga apakah keberhasilan kita membawa perubahan?

Kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda. Kata-kata seperti ini seringkali saya dengar. Entah itu di kehidupan sehari-hari atau di dalam lingkungan pekerjaan. Kegagalan diidentikan dengan sebuah kesuksesan yang tertunda. Mengapa demikian? Karena adanya kegagalan seharusnya mengibaratkan bahwa kita akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang dan ekstra lengkap.

Seperti itulah makna kegagalan yang sering kali kita temui. Oleh sebab itu, kita jangan terlalu sibuk memikirkan bagaimana kita hidup kalau gagal? Karena dari kegagalan itulah juga seorang manusia kian terbentuk. Karena melalui kegagalan itu pulalah manusia mengenal kasih kepada sesama. Melalui kegagalan itu pula manusia kian membuat dirinya sadar pada apa yang diperbuatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Maret 2013
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 163,456 PEMBACA

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

SPACE IKLAN

2560x1440-black-solid-color-background
%d blogger menyukai ini: