SUSUNLAH PROGRAM KERJA YANG EFEKTIF

Tinggalkan komentar

12 Maret 2013 oleh mbi9

Oleh: Philipus Vembrey Hariadi

Di dalam sebuah organisasi pasti memiliki tujuan atau goal yang hendak dituju. Organisasi tersebut pun memiliki cara tersendiri untuk mencapainya. Hanya saja terkadang organisasi tersebut melupakan dasar yang harus dibuat agar tujuan atau goal tersebut tercapai. Dasar tersebut dapat diletakkan pada penyusunan dari program kerja. Sebuah program yang terkadang diabaikan begitu saja. Padahal di dalam program tersebut kita dapat meletakkan beberapa strategi demi tercapainya sebuah keberhasilan tujuan yang hendak dicapai.

Namun, pada kenyataannya kita sering melupakan hal dasariah dari kehadiran program kerja. Kita hanya terfokus pada kegiatan-kegiatan yang dibahas pada point-point yang ada di dalam program tersebut. Tetapi kita kurang melihat bahwa di dalam satu kegiatan itu terdapat peluang demi terselenggaranya kegiatan yang akan datang. Sebut saja contohnya bahwa pada akhir tahun kita akan mengadakan sebuah kegiatan besar seperti pagelaran musik atau konser musik. Apakah kita akan mengadakan pencarian dana hingga demikian mati-matian pada batas waktu kurang dari 3 bulan sebelum penyelenggaraan?

Satu hal yang sudah pasti bahwa di dalam sebuah kegiatan dalam program kerja perlu disisipkan kegiatan penunjang kegiatan besar. Salah satu contohnya membuat sebuah seminar yang di dalamnya terdapat sebuah unsur pendidikan. Mungkin banyak orang yang kurang menyadari bahwa menyelenggarakan sebuah seminar dapat menghasilkan pendapatan bagi organisasi. Meski organisasi itu pun juga harus mengeluarkan budget pula. Namun, ada keuntungan pula dibalik itu semua. Misalnya, kita bisa mendapatkan kolega bisnis lebih banyak dari sebelumnya. Kita pun juga dapat memberikan pengetahuan kepada orang lain di dalam kegiatan tersebut.

Namun, permasalahannya adalah kepada siapa itu semua harus dilaksanakan? Seluruh bagian organisasi harus melakukan hal seperti ini. Caranya bagaimana? Kita dapat melaksanakan tindakan ini dengan mengajukan pertanyaan kepada setiap bagian di dalam organisasi, misalkan “apakah program Anda turut mendukung program besar?” Kalau program yang diberikan oleh seluruh unsur dalam organisasi kurang mendukung program besar, maka tugas dari pengurus inti atau dewan harian ialah membahasnya.

Dengan demikian, program kerja yang akan dilaksanakan oleh sebuah organisasi akan saling membantu. Hal ini sangat penting karena dapat mencegah juga rasa unggul terhadap program dari bagian yang ada di dalam organisasi tersebut. Sekaligus memberi keuntungan terselenggaranya program unggulan dari organisasi. Sekian tulisan saya

semoga berguna bagi Anda sekalian. Sehat dan sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Maret 2013
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,744 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: