MAKNA SEKOLAH MENURUT SAYA

Tinggalkan komentar

19 Maret 2013 oleh mbi9

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Dulu sewaktu saya masih duduk di bangku SMA, saya menolak segala jenis konsep mengenai sekolah. Mulai dari sekolah itu menyenangkan. Karena apa yang saya terima tidaklah menyenangkan. Saya sering kali dimarahi guru. Bahkan saya menyimpan dendam pada saat itu. Saya juga menolak sebuah konsep yang menyatakan bahwa sekolah itu adalah tempat untuk menuntut ilmu. Karena yang saya peroleh adalah sebuah tempat untuk menuntut rasa letih.

Tetapi secara perlahan-lahan paradigma seperti itu mulai terkikis. Bagaikan sabun yang sering diiris oleh sebilah pisau. Sejak saya duduk di bangku kuliah pandangan terhadap sekolah kian diperbaharui. Dulu sekolah yang bagi saya tidak menyenangkan menjadi sebuah hal yang menyenangkan. Di sana ternyata banyak hal yang dapat saya peroleh. Dulu sekolah bagi saya adalah lembaga yang hanya sebatas menuntut. Itu berubah menjadi sebuah lembaga yang mengembangkan.

Itu adalah arti sekolah bagi saya. Itu semua berubah sejak saya berada di bangku kuliah. Seiring perkembangan pemikiran dan pengembangannya, maka terjadi sebuah transisi penilaian terhadap sebuah nilai dasar dari sekolah. Itu tidak lain adalah peran serta dari sebuah pendidikan.

Di sana terkadang kita melupakan arti dasar dari sebuah sekolah. Bagi anak-anak jaman sekarang mungkin sekolah tidak ada artinya. Tetapi tidak bagi saya. Karena ada beberapa hal yang bisa saya peroleh dari sekolah. Hal-hal itu adalah sebagai berikut:

1. Cara Untuk Hidup Bersama
Ketika kita duduk di bangku sekolah nilai ini pasti terlupakan. Kita hanya sibuk untuk menyapa, jalan-jalan dan bahkan nongkrong bersama teman. Tetapi kita tidak sadar bahwa proses atau rutinitas yang terus menerus kita jalani itu membawa kita kepada suatu nilai tersendiri, yakni hidup bersama.

Di dalam hidup bersama ada banyak hal yang harus kita temui. Mulai dari konflik, perdamaian dan cara mengatasi sebuah permasalahan bersama. Itu semua dapat kita pelajari di dalam pergaulan di sekolah.

2. Cara Untuk Mengatasi Masalah
Saya tanpa sekolah tidak bisa hidup seperti saat ini. Mungkin saya sudah menjadi seorang manusia yang tidak berguna. Seorang manusia yang tidak bisa mengatasi sebuah permasalahan dengan jalan yang kreatif. Apa maksudnya dengan kreatif? Banyak permasalahan yang harus kita hadapi di dalam hidup ini. Seharusnya ada banyak pula pola kita dalam menghadapi masalah tersebut. Tetapi jika kita kurang terbuka terhadap lingkungan dan ide dari sekitar, maka kita akan mengalami stagnan dalam menghadapi sebuah permasalahan.

Masalah itu adalah hidup. Karena dari masalah itu kita sebagai manusia dituntut harus bisa menerima, menghadapi dan menyelesaikan sebuah permasalahan dengan pola manusiawi. Tidak menyelesaikan sebuah permasalahan dengan permasalahan yang baru. Tetapi sungguh-sungguh selesai. Itu pun dapat ditempuh dengan beragam cara. Tergantung pada diri kita sendiri.

Jadi, demikianlah arti sekolah yang bisa saya tuliskan di dalam blog ini. Meski sedikit. Tetapi saya sangat berterima kasih kepada orang tua, guru, dosen serta seluruh pihak yang telah mengijinkan saya untuk ada di dalam sebuah gedung yang dinamakan sekolah. Karena di sanalah saya dididik dan dibesarkan pula. Semoga artikel ini dapat berguna bagi Anda yang memiliki rasa tidak menyenangkan kepada sebuah lembaga pendidikan. Satu kata bijak saya bagi Anda, “Apa yang kita rasakan pada saat ini belum tentu akan kita sadari. Karena proses untuk sadar menuju pemaknaan membutuhkan waktu. Namun, itu akan terjadi. Sebuah kesadaran yang sepertinya kurang dihargai dan bahkan dilupakan. Kesadaran itu adalah eksistensi dari makna sebuah lembaga bernama sekolah.”

Tinggalkan Balasan

Arsip

date

Maret 2013
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 163,456 PEMBACA

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

SPACE IKLAN

2560x1440-black-solid-color-background
