Proses yang Tidak Bisa Diabaikan Bagi Penjual Toko On-Line

Tinggalkan komentar

24 Maret 2013 oleh mbi9

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Anda penjual atau pedagang on-line? Produk-produk yang Anda jual belum atau tidak ada yang laku sampai sekarang? Merasa bahwa usaha yang Anda lakukan adalah sia-sia? Merasa sudah buntu untuk memikirkan strategi untuk memasarkan produk yang Anda jual? Berikut saya akan memberikan sedikit tips mengenai bagaimana agar usaha atau penjualan on-line Anda dapat sedikit mendapatkan kemajuan.

Dari sekian banyak proses yang saya alami dalam berkecimpung dalam jual-beli on-line, saya memperoleh beberapa pengalaman di dalamnya. Di antaranya ialah siklus dalam berjual-beli secara on-line. Salah satunya melalui blog jual-beli aksesoris ponsel. Siklus tersebut ialah bertanya-percaya-harga terbaik-beli-konfirmasi. Itu ialah siklus yang saya peroleh dari pengalaman selama berjualan. Siklus itulah yang kini akan coba saya uraikan satu per satu.

Bertanya
Di sini adalah pondasi yang kuat bagi seorang penjual untuk menjual barang produksinya. Pembeli akan mencari tahu bagaimana proses pembelian. Jika pada proses pertama ini saja seorang penjual memiliki attitude yang kurang, yakni memberikan respon yang lama atau lainnya, maka pembeli akan berpikir kembali untuk membeli barang yang dijualnya.

Dari pengalaman yang saya peroleh mengenai proses ini. Bertanya merupakan proses yang paling dasar. Di dalam sebuah situs jual-beli online pun, perlu memberikan sebuah informasi yang lengkap. Mengenai bagaimana cara membeli, kontak yang harus dihubungi, kapan bisa memperoleh resi pengiriman dan yang terakhir ialah kepastian bahwa barang sedang dalam proses pengiriman.

Pada tahapan ini seorang penjual tidak bisa begitu saja beranggapan bahwa seorang pembeli sudah mengetahui dengan persis proses dalam pembelian barang. Karena dari seluruh pengalaman saya dalam berjual beli on-line, satu situs tentu akan berbeda sekali dengan situs lainnya. Apalagi dalam proses pelayanan calon pembeli.

Saya pernah mencoba untuk membeli sebuah barang pada sebuah situs. Di sana saya ingin mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk yang mereka jual. Secara kebetulan, di situs tersebut terdapat nomor cp yang dapat saya hubungi. Lalu, saya coba hubungi nomor tersebut. Tetapi tidak ada yang merespon telpon tersebut. Di sinilah letak kekeliruan manajemen penjualan. Padahal pada tahap itulah seorang penjual akan menjual produknya.

Percaya
Jika Anda sudah melewati tahapan pertama itu, Anda mungkin siap maju pada tahap kesudahannya, yakni percaya.

Kita tidak usah memaksakan calon pembeli untuk mempercayai kita. Karena percaya itu sudah pasti akan datang dengan sendirinya melalui proses penjelasan yang kita berikan. Ada yang untuk membuat para calon pembeli agar percaya dengan melakukan sedemikian banyak akrobat. Tetapi nyatanya, barang yang dijualnya belum juga laku.

Di sini kita kembali pada tahap pertama. Mungkin ada yang salah dengan cara pemasaran produk. Atau mungkin juga ada kesalahan dalam memberikan penjelasan pada produk, sehingga calon pembeli enggan untuk membeli barang produksi kita. Yang perlu diingat ialah “percaya atau tidak” itu merupakan proses yang pada nantinya akan berjalan sendiri. Anda tidak perlu memaksa atau pun mencari cara agar orang percaya.

Harga Terbaik
Ada dua jenis pembeli, yakni pembeli yang akan menggunakan produknya hanya untuk dirinya sendiri dan pembeli yang membeli sebuah produk untuk dijualnya kembali.

Anda perlu memperhatikan kedua jenis pembeli tersebut. Karena dua jenis pembeli itu akan bertanya kepada Anda mengenai produk yang dijual. Berikanlah harga terbaik kepada dua jenis pembeli itu. Bedakan satu sama lainnya. Karena itu akan menunjang laku atau tidaknya produk yang Anda jual.

Beli
Proses sebelum proses terakhir ini adalah beli. Pada proses ini, sebagai penjual Anda harus melayani pembeli dengan baik. Mintalah alamat dengan lengkap. Karena terkadang pembeli hanya memberikan alamat sekedarnya saja. Tetapi ketika dikonfirmasi ulang, ternyata belum lengkap.

Tegaskan kembali data pembeli, jika perlu lakukan konfirmasi secara terus menerus. Sehingga barang yang akan dikirim bisa sampai pada tangan pembelinya dengan cepat.

Banyak penjual yang saya temukan mengabaikan langkah ini. Sehingga memperlambat proses pengiriman barang.

Tidak hanya itu pada tahap ini penjual juga perlu untuk mengkonfirmasi ulang jenis barang yang dibeli. Syukur-syukur jika kedua belah pihak (penjual-pembeli) dapat berkomunikasi dengan efektif. Bagi penjual yang memiliki blackberry, silahkan kirim ulang gambar pada pembeli agar lebih pasti lagi jenis barang yang akan dikirim. Jika saja proses ini diabaikan, maka pembeli akan mengalami kekecewaan dan itu titik rawan bagi para penjual.

Konfirmasi
Langkah ini adalah langkah terakhir bagi seorang penjual. Silahkan tanyakan pada pihak pembeli apakah resi perlu dikirimkan atau tidak. Karena pembeli ada yang memerlukan nomor resi dan ada yang tidak memerlukan.

Tetapi pada dasarnya, jika perlu kirimkan saja nomor resi pengiriman pada pembeli. Karena itu adalah hal penting yang tidak bisa diabaikan.

Setelah dikirim, tanyakan kembali pada pembeli apakah barang sudah diterima atau belum. Rentang waktunya ialah antara 1-2 hari. Estimasi jasa pengiriman barang ialah demikian. Oleh sebab itu, pastikan kembali apakah barang sudah diterima atau belum.

Demikian sedikit tips dari saya. Semoga tips ini berguna bagi Anda yang akan dan sudah berkecimpung dalam jual-beli on-line. Salam sehat, sukses dan sejahtera selalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Maret 2013
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,744 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: