3 Cara Meningkatkan Minat Baca Anak

1

24 Mei 2013 oleh mbi9

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Kamu tau buku yang membahas mengenai perang dunia I? Jawab anak itu, “saya tidak tahu.” Waduh… Berat…

Di atas merupakan pengalaman saya saat bertemu dengan seorang siswa sekolah menengah atas. Sungguh memprihatinkan memang. Minat membaca yang ada pada siswa sekolah sangatlah kurang. Di mana letak kesalahannya ya?

Saya mencoba menjawab pertanyaan itu melalui beberapa studi kasus. Saya bertanya kepada seorang siswa, “Apa yang kamu lakukan setelah pulang sekolah?” Siswa itu menjawab, “saya langsung makan dan pergi les.” Lalu, setelah pulang dari tempat les? Siswa itu menjawab, “kadang diajak makan oleh mama atau papa.”

Ada yang aneh dengan jawaban siswa itu? Saya coba lagi pergi ke sebuah sekolah lain. Saya mencoba bertanya, “kamu sudah baca buku dari Raditya Dika yang berjudul Kambing Jantan?” Saya terkejut mendengar jawaban siswa tersebut. Katanya, “saya tidak pernah membaca buku. Baca buku pun hanya di sekolah.”

Hadehhhh…saya coba lagi bertanya mengenai pola kehidupannya sehari-hari. Siswa itu menjawab, “setelah pulang sekolah, saya langsung tidur. Kalo sempat pergi main ke rumah teman atau nongkrong di tempat biasa.”

Bagaimana Indonesia bisa maju jika caranya seperti ini? Saya coba bertanya pula kepada mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi swasta yang ada di sebuah daerah. Mahasiswa tersebut tengah menempuh semester ke-6. Apa jawabnya? “Saya jarang membaca.” Pola hidupnya sehari-hari bagaimana? “Sepulang dari kampus nongkrong bersama teman-teman. Lalu, pulang dan kerjakan tugas. Kalo mau baca, hanya baca berita di sebuah situs terkenal di internet.”

Ada yang salah atau tidak dengan jawaban mereka semua? Menurut saya, ada kekeliruan dan beberapa titik kesalahan yang diletakkan dalam pola hidup anak-anak ini. Oleh sebab itu, saya memberikan beberapa tips dalam menyikapi fenomena di atas. Tips-tips itu adalah sebagai berikut:

1. Orang Tua Teladan Utama
Kekeliruan yang utama ialah teladan. Jika di rumah sudah ada teladan, maka mungkin kebiasaan membaca akan mulai terserap. Sehingga nanti pada masa berikutnya, akan ada habit untuk membaca. Ambil sebuah contoh, sepulang orang tua bekerja, bisa saja menghabiskan waktu satu atau setengah jam untuk membaca buku di ruang tamu. Mungkin dengan cara seperti itu, seorang anak akan terpacu. Jangan lupa, keluarga merupakan pondasi utama di dalam pembentukan seorang anak. Bukan sekolah apalagi lingkungan dan masyarakat.

2. Dukung Minatnya
Membaca bukan hanya soal mengenai pengetahuan di mana seorang anak bisa tahu Ibukota dari provinsi Jawa Tengah saja. Membaca adalah persoalan mengenai imajinasi yang akan dibangkitkannya setelah membaca. Mungkin ada yang menyukai fiksi atau psikologi. Itu bukan masalah. Justru yang menjadi masalah adalah menyukai kelenik. Itu hati-hati. Oleh sebab itu, dukunglah minat anak sekaligus menyaringnya. Agar minatnya akan terus berlanjut dan pola pikirnya pun bisa mulai terbentuk.

3. Ajak Bercerita
Setelah anak membaca sebuah buku ajak untuk bercerita. Ingat di dalam tahap ini orang tua tetap berpegang teguh pada peranan utama, yakni sebagai jembatan penghubung antara pikiran anak dan buku. Itu mengibaratkan bahwa orang tua sudah membaca buku yang sama juga dengan anaknya. Jika terjadi hal-hal yang kurang sesuai, tetap bersabar. Karena itu merupakan satu atau lain hal yang ditangkap oleh pikirannya dari bacaan.

Dengan demikian semoga masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang pintar dan mampu menyaingi bangsa lain. Pengetahuan bangsa ini pun semakin meningkat dan generasi penerus pun semakin berkibar di dunia Internasional.

One thought on “3 Cara Meningkatkan Minat Baca Anak

  1. Reblogged this on Setia Melangkah Meraih Cita and commented:
    Terimakasih. Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Mei 2013
S S R K J S M
« Apr   Agu »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: