Jalan-jalan ke Taman Wisata Gunung Pancar

1

6 Agustus 2013 oleh mbi9

Speedometer di Rumah

Speedometer di Rumah

pepohonan di gunung pancar

pepohonan di gunung pancar

Gambot Nampang di Gunung Pancar

Gambot Nampang di Gunung Pancar

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Oke, setelah kemarin baru saja menikmati jalan-jalan ke sebuah Taman Wisata Alam Gunung Pancar, maka hari ini saya akan menuliskan pengalaman mulai dari berangkat hingga tiba kembali di rumah.

Seperti hidup, jalan-jalan ke Gunung Pancar sudah saya rencanakan sebelum cuti bersama lebaran. Dari pada bengang-bengong tidak mempersiapkan apa-apa dan lagi pula tidak punya kampung, maka saya berinisiatif untuk pergi jalan-jalan.

Semula bingung menentukan tujuan. Tapi setelah itu baru agak terbantu dengan salah satu event atau kegiatan yang akan diadakan oleh sekolah. Akhirnya saya memutuskan saja untuk pergi ke sebuah tempat di daerah sentul dan menurut teman saya itu lokasinya sangat enak dan mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua.

Sepertinya tidak enak jika hanya saya seorang diri. Kemudian saya mengajak salah seorang teman kuliah, namanya Gindo. Dengan sedikit paksaan dan mungkin melanggar hak asasi manusia, akhirnya dia memutuskan untuk ikut. Yah, saya bilang, “hitung-hitung jalan-jalan dan refreshing. Biar otak gak suntuk.” Gindo pun mengiyakan ajakan saya.

Kami berjanjian untuk bertemu di samping Bekasi Cyber Park karena ingin melewati rute melalui jl. Raya Bogor. Janjinya ketemuan jam 06.00 wib. Karena berdasarkan perhitungan, kemungkinan rute arah Kramat Jati akan macet. Tetapi apa yang terjadi? Ketika saya kirim pesan singkat melalui bbm, pesan tidak kunjung mendapat huruf “R” tetapi betah di huruf “D”. Waduh…bablas tidur ni bocah….akhirnya saya kirimkan pesan lagi yang menyatakan bahwa saya sudah ada di BCP (alias Bekasi Cyber Park). Huruf “D” juga tidak kunjung berubah menjadi “R”.

Daripada bosan, mending melihat-lihat type motor yang dipergunakan oleh para pemudik yang melewati Kalimalang. Begitu banyak type yang dipergunakan oleh para pemudik. Mulai dari type matic hingga motor batangan. Kerennya ialah ada motor pemudik yang dimodif ala street fighter. Di buntut motor tersebut diberikan braket buatan agar bisa membawa barang. Hadeehhhhh…sayangnya gak punya foto.

Lanjut, akhirnya ada balasan dari bro Gindo. “Baru bangun tidur?” Busyet…parah banget….lalu, akhirnya saya bilang ke bro Gindo bahwa saya akan menunggu tapi santai saja dan jangan gas poll.

Setelah beberapa lama, akhirnya bro Gindo datang juga. Saling menyapa dan pada akhirnya berangkat menuju tujuan. Saya minta bro Gindo ada di depan agar membatasi kecepatan saya. Karena kalau lagi kenceng suka lupa dengan teman di belakang. Hihihihihihihihihi….

Gas poll sampai ke Sentul….Jalan, bro…Jalan menyusuri Kalimalang. Menyapa rekan-rekan bikers dari beragam community dan melongok ke depan, jangan sampai saya ninggalin bro Gindo di belakang.

Ada satu kejadian menarik saat saya melewati jl. Km 30, Mekar Sari. Roda belakang saya berasa tidak enak dan bunyi. Saya coba arahkan maju lagi dan masih bunyi juga. Saya coba semprotkan WD, masih bunyi juga. Hadeehhhhh….bingung jugam..Daripada saya tidak bisa melanjutkan perjalanan, mendingan saya kirim bbm ke bro Gindo bahwa motor saya sedang trouble di km.30, MekarSari.

Setelah pesan saya kirim, saya lanjutkan dengan mencari bengkel terdekat. Kebetulan di seberang jalan ada bengkel. Lalu, saya bawa saja gambot ke bengkel tersebut. Saya minta tolong untuk dicek pada bagian velg belakang. Karena bunyi tersebut terasa sekali di bagian belakang.

Koment pertama dari montir di belakang menyatakan bahwa ini bisa jadi dari pengereman. Tetapi begitu dibuka, kampas rem tidak terdapat sedikit pun goresan keras dengan lapisan besi lainnya. Lalu, dibukalah gear belakang dan tanpa pikir panjang diberikanlah kesimpulan bahwa gear belakang pecah. Karena sudah terlihat dengan jelas disitu bahwa gear belakang pecah berkeping-keping. Oleh sebab itu saya ganti dengan yang baru sekaligus ganti oli.(Berapa no. Seri laker gear Pulsar 200? Nanti saya bahas pada artikel berikutnya)

Begitu pengerjaan laker belakang selesai, saya dan bro Gindo langsung melanjutkan perjalanan. Akhirnya tiba juga di daerah Sentul. Sesampainya di sana, saya langsung menelpon teman yang memberitahukan lokasi untuk menegaskan kembali lokasi yang sedang saya tuju. Setelah menelpon d mendapatkan nama lokasi berikut dengan jarak dan posisi lokasi, saya dan bro Gindo langsung menuju TKP.

Eith…nanti dulu, saya lupa menceritakan di sini bahwa ada jasa yang tidak terlupakan dari seorang penjual ketoprak. Hmmmm….sepertinya beliaulah yang berjasa memberitahukan lokasi Sentul Selatan.

Begitu diberitahu oleh bapak tersebut, maka kami melanjutkan perjalanan menuju lokasi. Rute pertama memang begitu mengesankan. Kondisi yang kami lewati halus dan hanya ada tambalan pada bagian tengah. Setelah melewati daerah bernama Babakan Madang, barulah petualangan dimulai.

Track pada Babakan Madang sangat sulit. Kondisi jalan banyak sekali lubang. Belum lagi ditambah dengan genangan air yang lumayan tinggi. Saya pun mengalami kesulitan untuk menembusnya. Karena khawatir bahwa genangan tersebut memiliki ketinggian yang lumayan. Begitu seterusnya hingga tiba di lokasi Taman Wisata Gunung Pancar.

“Thanks God”, kita tiba di lokasi dengan selamat. Tempatnya sangat indah dan sejuk. Terdapat juga lokasi untuk aktifitas outbond atau camping. Di tempat ini juga terdapat tempat pemandian air panas. (Gak dapat fotonya). Harga tiket masuk area taman sebesar Rp 4.000,00 (karena dengan motor). Harga tiket masuk permandian air panas Rp 24.000,00,- (juga mungkin karena menggunakan motor)

Bagi Anda yang mungkin pusing mencari lokasi mengadakan latihan dasar kepemimpinan, tempat ini bisa menjadi rekomendasi. Karena di balik satu pilihan pasti ada alternatif lain. Begitulah kesan saya dengan perjalanan kali ini. Terima kasih sudah membacanya.

Jarak Bekasi-Gunung Pancar:

Jarak pada Speedometer
Berangkat : 48.680 km
Pulang : 48.828 km

Total Jarak melalui rute Jl. Raya Bogor ialah 148 km.

One thought on “Jalan-jalan ke Taman Wisata Gunung Pancar

  1. Reblogged this on Setia Melangkah Meraih Cita and commented:
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Arsip

date

Agustus 2013
S S R K J S M
« Mei   Sep »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 163,456 PEMBACA

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

SPACE IKLAN

2560x1440-black-solid-color-background
