Tentang Menyalin Tulisan dari Karya Orang Lain

3

13 Agustus 2013 oleh mbi9

image

Gambar : osolihin.wordrpress.com

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Anda tertarik untuk mulai menulis pada blog pribadi? Tapi Anda belum mengetahui bagaimana seharusnya tulisan tersebut diciptakan? Bagaimana jika copy-paste saja agar lebih mudah dan tidak sulit? Itu merupakan cara yang kurang etis bagi seorang penulis dan pemilik media. Karena Anda yang memiliki media, maka Anda pula yang harus bertanggung jawab terhadap isinya.

Banyak oknum blogger yang melanggar kode etik penulisan ilmiah dan kode etik penulisan berita. Mereka mengcopy dan menerbitkannya di blog pribadi tanpa mencantumkan dari mana berita atau tulisan tersebut diterbitkan. Inilah yang merusak citra blogger, sehingga blogger menjadi semakin kurang ilmiah. Bahayanya ialah pemilik blog dapat terancam dengan Undang-Undang Hak cipta. Lalu, bagaimana agar hal seperti itu tidak terjadi pada Anda yang memiliki rencana untuk membuat sebuah blog sebagai penampilan karya Anda?

Menyalin dengan bijak
Menyalin dapat Anda lakukan terhadap suatu tema mengenai tulisan yang akan ditulis. Tetapi menyalin bukan hanya sekedar menyalin dan menerbitkannya pada blog pribadi Anda. Menyalin dengan bijak ialah menyalin bukan sekedar menyalin melainkan juga dapat menelusurinya secara lebih mendalam.

Jika diperhatikan secara sungguh-sungguh, saat Anda mencari salah satu tema pada mesin pencari, maka Anda akan menemukan sekian banyak blog yang akan membahasnya. Di sana, Anda akan mengalami kesulitan yang cukup tinggi karena akan sulit membedakan mana tulisan orisinal dan mana tulisan yang sekedar menyalin. Jika ingin menemukan perbedaan yang signifikan, maka Anda membutuhkan waktu yang lama. 

Oleh sebab itu, menyalin secara bijak merupakan proses yang dibutuhkan. Menyalin bukan hanya sekedar menyalin tetapi Anda dapat lebih dalam dari blog yang telah Anda salin. Misalnya Anda ingin membicarakan mengenai komunikasi. Sekian banyak blog akan membahas mengenai tema tersebut. Tetapi Anda dapat menghasilkan perbedaan dengan mencampurnya dengan mendalami lebih dalam dari tulisan yang telah Anda salin. Belum tentu seluruh tulisan tersebut akan membahas mengenai “bagaimana membuat komunikasi menjadi berjalan lancar?” Itulah menyalin dengan bijak.

Disaring dulu
Sesudah membuat satu tulisan utuh, langkah selanjutnya ialah menyaringnya secara ketat. Agar tulisan lebih enak terbaca, maka di sini diperlukan langkah penyaringan. Misalkan, banyak sekali blogger yang menyalin tanpa membacanya kembali, sehingga dampaknya ialah tulisan enggan utnuk dibaca dan pengunjung semakin berkurang. Di sini yang diperlukan adalah keterampilan dan kemampuan Anda dalam membaca dan mengubah tulisan.

Perhatikanlah kalimat yang Anda salin. Dengan menyalin dari blog yang memiliki rating bagus tidak menjamin bahwa Anda akan menghasilkan tulisan yang bagus. Ada begitu banyak tulisan yang begitu saya baca dengan detail kurang enak dan nyaman untuk dibaca. Karena pada tulisan tersebut tidak ada susunan kata yang sesuai, penulisan kalimat yang terlampau panjang dan makna dari penggunaan kata yang kurang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Oleh sebab itu, di dalam proses ini kemampuan Anda dalam membaca sebuah buku sangatlah diperlukan.

Demikian tips menulis di blog pribadi melalui etika penulisan. Sebenarnya tidaklah sulit melainkan melatih kemampuan kita untuk mengatur content atau isi yang akan ditampilkan pada bacaan yang akan diterbitkan. Semoga tips ini bermanfaat bagi para pembaca dan rekan penulis lainnya. Terima kasih.

3 thoughts on “Tentang Menyalin Tulisan dari Karya Orang Lain

  1. Terimakasih.
    Aku ingin bisa menulis tabel di blogku, gimana caranya?
    Juga mau memasang banyak foto – foto kegiatanku, gimana caranya?
    Ingin menulis apa yang aku alami, sering berhenti karena sulit untuk membuat tabel, memasang banyak foto, akhirnya aku hanya menulis yang ringan – ringan saja seputar, doa – doaku. Terimakasih.

  2. mbi9 mengatakan:

    Mungkin suster bisa membuat tabelnya dalam bentuk excel. Lalu, screenshoot melalui printscreen dan menampilkan tabel tadi bisa dalam bentuk file foto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Agustus 2013
S S R K J S M
« Mei   Sep »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,744 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: