NEGATIF THINGKING

1

7 September 2013 oleh mbi9

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Tahukah Anda bahwa negatif thingking itu menguras begitu banyak tenaga Anda? Tahukah Anda bahwa negatif thingking ternyata menghancurkan konsentrasi Anda? Tahukah Anda bahwa dengan negatif thingking seseorang menyatakan sudah siap untuk sakit-sakitan? Tahukah Anda bahwa negatif thingking ternyata dapat pula membawa Anda pada kegagalan? Saya pikir dari sekian banyak pertanyaan tadi Anda sudah mengetahuinya.

Seperti itulah orang yang selalu dihantui dengan negatif thingking. Padahal belum tentu apa yang dipikirkannya itu adalah hal yang penting untuk perkembangan dirinya melainkan sangat memungkinkan bahwa itu justru menghancurkannya. Tetapi seperti apa sebenarnya negatif thingking itu?

Menurut saya pribadi, negatif thingking itu adalah pemikiran seseorang yang cenderung hanya menyorotinya dan menganalisa sesuatu melalui penilaian yang buruk atau pun ketakutan. Pemikiran itu pun dapat diungkapkan atau dilakukan seperti misalnya ialah ada seseorang yang khawatir sekali bahwa ia akan kehilangan sesuatu yang berharga bagi dirinya.

Negatif thingking ini menurut saya pribadi merupakan suatu penyakit. Karena negatif thingking menurut saya pribadi memaksa seseorang untuk mengalami rasa takut yang berlebih. Sehingga, pribadi tersebut pun merasa tidak bebas dalam berpikir dan melakukan segala sesuatu. Oleh karena negatif thingking, seseorang juga akan merasa ketakutan disebabkan oleh kekeliruan dalam menilai suatu ungkapan atau tindakan seseorang.

Ciri orang yang memiliki negatif thingking ialah pertama orang tersebut cenderung merespon segala sesuatu yang ditangkapnya dengan pemikiran yang negatif. Misalnya, ada seorang teman yang berbisikkan, maka teman yang lain berpikiran bahwa teman yang tadi berbisikkan tengah membicarakannya. Padahal mungkin saja teman tersebut tengah membicarakan sesuatu yang bersifat pribadi. Kedua, seseorang yang negatif thingking dapat saja memendam penilaiannya dalam hati dan merespon pemikiran negatifnya langsung kepada pribadi. Ia tidak akan berbicara kepada orang tersebut dan akan menutup jalur komunikasi dengan orang tersebut.

Orang yang cenderung berpikiran negatif akan mengalami situasi yang tidak nyaman. Orang dengan pikiran negatif akan terganggu pikirannya oleh karena hal-hal kecil. Dampak seriusnya ialah orang yang cenderung negatif thingking akan terkena penyakit. Karena ternyata negatif thingking itu menyita pikiran dan suasana hati. Tak jarang bahwa orang yang memiliki pemikiran negatif terkena serangan jantung darah tinggi. Orang yang memiliki pikiran negatif juga cenderung mudah sakit.

Untuk mengatasi negatif thingking ini seseorang harus membangun keinginan untuk mengembangkan wawasan. Karena negatif thingking itu lahir dari cara pandang suatu masalah melalui satu sisi saja. Sementara dengan mengembangkan wawasan, maka negatif thingking dapat berkurang atau hilang sama sekali. Di sini, kita dapat membaca banyak buku. Cara lainnya ialah dengan membuka jalur komunikasi dengan banyak teman. Ternyata, saya baru menyadari bahwa dengan semakin banyak teman, maka ada begitu banyak pengetahuan dan ide yang kita peroleh. Di saat itu pula pemikiran dan wawasan kita turut dikembangkan. Yang berikutnya ialah perbanyak berdoa karena doa akan membuat Anda semakin dekat dengan Tuhan dan akan mengurangi kecenderungan dalam menilai secara negatif.

Sekian tulisan saya kali ini. Semoga berguna dan tetap sehat biar bisa terus jalan-jalan dan makan-makan. Terima kasih.

One thought on “NEGATIF THINGKING

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

September 2013
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 161,264 PEMBACA

APA YANG SERING DIKLIK?

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: