Penghalang Positif Thingking

1

16 September 2013 oleh mbi9

Oleh: Philipus Vembrey Hariadi

Positif thingking, bagi saya ialah penunjang terpenting dalam menjalani hidup ini. Dengan adanya positif thingking, maka manusia akan semakin berkembang dan mampu mengolah hidupnya menjadi lebih baik. Karena dengan positif, thingking manusia semakin dimampukan untuk berpikir lebih jernih terhadap suatu masalah. Jika dibandingkan dengan negatif thingking, maka manusia cenderung akan lebih baik dengan positif thingking.

Tetapi dalam perjalanan hidupnya, manusia akan mengalami kesulitan untuk secara terus menerus berpikir positif. Di sini mau dibuktikan bahwa eksistensi positif dalam diri manusia selalu mendapat tantangan yang kuat. Tantangan itu dapat diperoleh dari dalam diri manusia itu sendiri maupun dari luar diri manusia.

Di dalam tulisan saya ini, saya akan menuliskan tiga tantangan yang dihadapi oleh manusia dalam berpikir secara positif. Berikut adalah tiga tantangan tersebut:

1. Kurang Mensyukuri

Di dalam setiap agama manusia diajarkan untuk selalu bersyukur. Entah itu dalam agama Islam, Kristen, Budha maupun Hindu. Seluruhnya tetap mengajarkan manusia untuk selalu bersyukur. Tetapi permasalahannya timbul ketika seseorang mendapatkan upah yang kurang sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Maka, manusia akan menggugat hal tersebut. Kurangnya rasa bersyukur itu membawa manusia kepada kesengsaraan selanjutnya bahwa manusia tersebut harus kehilangan pekerjaannya.

Rasa syukur adalah rasa yang penting dimiliki oleh setiap manusia. Karena rasa syukur itu sendiri merupakan rasa yang akan membawa kita ke dalam suatu proses yang telah disiapkan oleh Sang Pemilik Hidup. Mungkin dari rasa bersyukur itu, manusia akan menerima suatu hadiah yang lebih baik dari yang mungkin diharapkannya.

2. Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu terhadap suatu bidang yang ingin didalami adalah rasa yang bagus. Karena rasa seperti itu akan cenderung membawa manusia kepada terbukanya pengetahuan yang lebih luas dari sebelumnya. Tetapi permasalahannya ialah, kenapa rasa ingin tahu masuk ke dalam penghalang dalam berpositif thingking?

Banyak orang dan hampir seluruh manusia memiliki rasa ingin tahu. Tetapi ternyata, pengaplikasian rasa ingin tahu ini bertemu dengan negatifitas pikiran saat terdapat kecurigaan. Di sini manusia mulai masuk dalam tahap menduga-duga. Tidak jarang justru terperangkap pada hangatnya dekapan negatifitas pikiran. Hasilnya, manusia memiliki kecenderungan untuk merespon secara negatif.

Contoh untuk point ini ialah, Mira memiliki seorang teman bernama Putri. Oleh karena Mira sering melihat Putri berbisik kepada teman-temannya, maka ia mulai memiliki rasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman tersebut coba dihancurkan olehnya dengan menduga-duga. Mira terjebak pada, “jangan-jangan dia ngomongin saya.” Nah, di sini Mira masuk pada rasa ingin tahu yang menghancurkan positif thingking.

3. Lingkungan

Meski seseorang memiliki kemampuan dan kemauan untuk berpikir positif, tetapi jikalau lingkungan tidak memenuhi syarat untuk pertumbuhan positif thingking, maka akan sulit positif thingking dapat terjadi. Karena jika lingkungan sekitar justru dipenuhi dengan pemikiran negatif, maka seorang manusia yang memiliki kemauan pun akan semakin terjepit. Ia akan berada di sudut tersulit. Moralitas pun akan semakin menurun. Tetapi itu semua tidak akan terjadi jikalau orang tersebut mampu mengkritisinya dengan kuat.

Demikian tiga tantangan bagi orang yang ingin mengembangkan pemikiran positif. Mudah-mudahan tulisan ini dapat membantu dan menjadi pemikiran bagi kita semua. Sehingga, kita pun mampu mengembangkan budaya berpikir positif.

One thought on “Penghalang Positif Thingking

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

September 2013
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: