Konsep Kemenangan

1

5 Oktober 2013 oleh mbi9

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Mengalah, menurut banyak orang merupakan tindakan bodoh. Bagaikan orang yang tidak muka, seperti itulah orang yang mengalah terhadap sesamanya. Tetapi apakah Anda tahu bahwa mengalah itu memberikan energi tersendiri bagi diri yang mengalah.

Seperti inilah pengalaman saya saat mengalah. Saat bermain games, teman saya sangat serius untuk berusaha memenangkan permainan. Sementara saya hanya bersikap bahwa ini hanya sekedar permainan. Tetapi nampaknya tidak bagi teman saya.

Saat itu saya bertanya kepada teman saya, “Pengen banget menang ya…?” Apa jawaban teman saya itu? Dia menjawab, “Gue harus menang, gengsi banget kalah.” Di saat dia mengucapkan itu saya terkejut. Ternyata naluri untuk menang itu sudah ada di dalam diri manusia. Di sini terjadi kesalahpahaman mengenai menang itu sendiri.

Konsepsi Kemenangan
Menang menurut saya pribadi merupakan peristiwa di mana seorang pribadi berhasil mengungguli orang lainnya. Itulah konsepsi saya pribadi mengenai menang menurut khalayak umum pula.

Pertanyaan saya ialah, apa yang akan Anda perbuat jika Anda berada di dalam sebuah pertandingan motor balap. Di dalam pertandingan itu terjadi kecelakaan yang melibatkan Anda dan orang lain. Anda tidak mengalami luka yang begitu berat tetapi lawan Anda mengalami luka yang sungguh berat. Apa yang akan Anda perbuat? Apa Anda akan meneruskan pertandingan atau menolong lawan Anda?

Anda tentu mengalami kebimbangan. Karena Anda harus dihadapkan pada kemanusiaan dan naluri memenangkan pertandingan. Jika Anda memilih untuk meneruskan pertandingan, maka Anda berhasil untuk menjadi seorang pembalap sejati. Tetapi ketika Anda menolong lawan Anda, maka itu kemenangan yang tiada taranya. Mengapa demikian?

Kemenangan Sejati
Kemenangan yang sejati adalah bukan terletak pada memenangkan suatu event. Saya mempelajari ini pula melalui pengalaman saya mengalah terhadap teman saya itu. Dia merasa senang dan bangga terhadap usaha yang telah dilakukan.

Di sanalah saya merasa letak kemenangan yang sesungguhnya. Sama halnya seperti yang akan saya pilih di dalam konflik di arena balap sebelumnya. Saya akan menolong lawan itu dan membantunya bangun dari jatuhnya. Setelah itu, saya akan melanjutkan kembali pertandingan yang sudah saya mulai.

Di sini saya melihat ada kekeliruan dalam penanaman yang keliru mengenai kemenangan itu sendiri. Kemenangan yang selama ini saya pahami ialah memenangkan pertandingan dan mengabaikan segala hal di dalamnya. Tetapi kemenangan yang sesungguhnya ialah memenangkan apa pun yang ada di dalam diri kita dan dapat menyebabkan menurunnya kemampuan kita.

Itulah konsep kemenangan yang baru saja saya peroleh dalam pengalaman bermain games bersama teman saya. Mudah-mudahan konsep kemenangan ini sangat berguna bagi Anda, sehingga membuat citra kita sebagai manusia. Di mana kita sebagai seorang manusia tidak diciptakan hanya seorang diri melainkan ada sesama pula. Di situlah letak martabat manusia.

One thought on “Konsep Kemenangan

Tinggalkan Balasan

Arsip

date

Oktober 2013
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

