Safety Ridding di Saat Hujan

Tinggalkan komentar

22 November 2013 oleh mbi9

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Baru saja hari Senin yang lalu, saya ridding di daerah flyover Kranji. Di lokasi tersebut saya tergelincir dan terjatuh. Dampaknya, sampai kurang lebih empat hari saya masih harus beristirahat di rumah. Itu disebabkan oleh cedera kaki yang saya alami.

Dari pengalaman saya tersebut, saya ingin sharing kepada teman-teman bikers yang senang sekali ridding di daerah mana pun. Terutama, sharing ini saya prioritaskan untuk bikers yang kerap kali harus berhadapan dengan cuaca hujan.

1. Pergunakan Jas Hujan
Dengan memperhatikan himbauan dari TMC Polda Metro Jaya, maka kita tidak bisa mengabaikan himbauan dari TMC. Himbauan dari TMC yang paling sering saya baca ialah dengan tidak menggunakan jas hujan jenis ponco. Hal itu disebabkan rentannya jas hujan jenis ini untuk tersangkut pada bagian motor. Terutama tersangkut pada bagian gir. Tentunya jika kejadian seperti itu, maka akan menjadi sangat berbahaya bagi bikers.

2. Pergunakan Sarung Tangan
Jangan anggap bahwa dengan hanya menggunakan jas hujan saja sudah cukup. No, No, No…itu tidak boleh. Yang harus ada di dalam pikiran kita ialah segala kemungkinan terburuk dan jangan berkata cukup. Dengan sarung tangan, telapak tangan Anda akan terlindungi dari luka saat terjatuh. Prioritaskan sarung tangan yang juga dapat dipergunakan pada saat hujan.

3. Pergunakan Sepatu
Untuk tips nomor tiga ini, Anda dapat membuat pilihan sendiri. Yang jelas dan terutama ialah Anda harus melindungi bagian kaki hingga mata kaki. Karena ketika Anda lupa untuk melindungi bagian ini, maka Anda harus membayarnya dengan waktu yang lama. Jangan sekali-kali menggunakan sendal bertali seperti sandal gunung. Karena sandal tersebut belum cukup untuk melindungi bagian kaki hingga ke mata kaki.

4. Pergunakan Helm Full Face
Jangan abaikan keselamatan, karena kehadiran Anda sangat dinanti oleh keluarga. Jangan sampai bertindak gegabah hanya untuk kenikmatan sesaat. Oleh sebab itu, tetaplah pergunakan helm dengan model full face. Agar seluruh wajah Anda pun terlindungi.

5. Pergunakan Knee dan Elbow Protecting
Semula saat saya ridding harian ini saya anggap sebagai hal yang belum utama. Tetapi sejak peristiwa hari senin itu, maka nampaknya ini menjadi hal yang penting. Karena, luka di sikut dan lutut membutuhkan waktu yang sangat lama.

5. Hindari Jalan Licin
Bagi Anda yang sering melewati track pasar, saran saya perhatikan jalan yang Anda lewati. Sampah plastik yang ada di pasar dapat menyebabkan Anda jatuh berguling. Karena licinnya sampah tersebut, maka dapat menyebabkan Anda berguling-guling dan terluka.

Demikian sedikit tips dari pengalaman ridding saya. Semoga Safety Ridding bukan hanya menjadi slogan tetapi harus sungguh-sungguh melekat dalam diri kita masing-masing. -keep safety, biar bisa terus jalan-jalan dan makan-makan-

Tinggalkan Balasan

Arsip

date

November 2013
S S R K J S M
« Okt   Des »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 163,456 PEMBACA

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

SPACE IKLAN

2560x1440-black-solid-color-background
