Keinginan yang Menghancurkan (Sebuah tinjauan moral dari film Jurassic Park)

1

24 Desember 2013 oleh mbi9

image

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Secara kebetulan, sudah lama tidak menonton televisi. Secara kebetulan pula ada sebuah stasiun televisi yang menayangkan film berjudul Jurassic Park. Sebuah film yang sangat menegangkan. Di mana film itu berisi tentang kebangkitan kembali makhluk purba, Dinosaurus.

Bermula dari kecerobohan yang diperbuat dari salah seorang yang bekerja di dalam Jurassic Park itu sendiri. Di mana kecerobohan itu ialah keinginannya untuk mendapatkan uang yang banyak dari penawaran terhadap embrio dinosaurus. Tetapi malangnya, uang tidak didapatkan namun kematian yang diperolehnya. Sementara embrio yang dibawanya itu, terjatuh dan tertimbun di dalam lumpur.

Nilai yang Diperoleh
Taman ini pada dasarnya didirikan dengan tujuan sebagai sarana wisata. Sistem yang dipergunakan pun super canggih. Dengan menggunakan sistem pagar pengaman utama yang dialiri listrik 10.000 volt, diklaim oleh penciptanya dapat menghadang serangan dinosaurus ke dalam laboratorium.

Tetapi, ternyata sistem keamanan yang super canggih itu tetap masih bisa dibobol oleh pihak yang berkepentingan. Hanya dengan sejumlah uang, maka begitu banyak korban yang berjatuhan. Itu disebabkan oleh keinginan yang mudah sekali digoda.

Film ini mengajarkan kepada kita bahwa meski sedemikian canggihnya sarana yang telah dibuat, belumlah canggih jika sumber daya manusia yang di dalamnya masih kurang kompeten untuk meredam keinginannya.

Memiliki keinginan bukanlah hal yang salah apalagi gak boleh. Memiliki keinginan itu boleh-boleh saja dan itu merupakan unsur dasar manusia. Tetapi ketika keinginan itu dapat menimbulkan kesalahan yang fatal, maka keinginan tersebut perlu ditinjau ulang. Dengan apa peninjauannya? Tentunya dengan semangat kepentingan bersama. Di mana di dalam kepentingan tersebut terlihat arah dan tujuannya. Semoga berguna. Terima kasih.

One thought on “Keinginan yang Menghancurkan (Sebuah tinjauan moral dari film Jurassic Park)

  1. Reblogged this on Setia Melangkah Meraih Cita and commented:
    Terimakasih. Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Desember 2013
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: