Waspadai Keempat Badai Ini

1

24 Desember 2013 oleh mbi9

Disusun oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Badai merupakan salah satu fenomena cuaca ekstrem yang bisa berupa hujan es, salju, pasir hingga debu. Ada pula fenomena cuaca ekstrem yang berupa bungkamnya pribadi yang berada di dalam rumah. Kekuatan angin badai sangat luar biasa sehingga mampu mencabut pohon besar dari akar, meruntuhkan jembatan, dan menerbangkan atap rumah. Bahkan ada pula kekuatan angin yang mampu mendinginkan hubungan antar pribadi.

1. Badai Debu
Badai ini membawa angin kencang dengan partikel halus, seperti tanah liat, lumpur, hingga kotoran. Dengan cakupan mencapai ratusan kilometer, badai ini dapat mencapai hingga ketinggian 300 meter. Kecepatan angin badai ini tercatat hingga 40 kilometer per jam.

Daerah-daerah yang biasa terkena badai debu adalah tempat terbuka luas dengan angin kuat. Beberapa di antaranya adalah wilayah Amerika Serikat, seperti Colorado, Kansas, New Mexico, Oklahoma dan Texas. Hebatnya, badai ini juga bisa menyebabkan fenomena erosi tanah.

2. Badai Salju
Badai salju biasa terjadi setelah masa cuaca yang luar biasa hangat pada musim dingin. Fenomena badai ini terjadi dengan kecepatan angin hingga 56 kilometer per jam. Semua itu ditambah dengan angin dingin mulai dari minus 12 derajat celcius dengan jarak pandang kurang dari 150 meter.

Badai salju terbesar bisa terjadi dengan kecepatan angin hingga 72 kilometer per jam. Hal ini disertai dengan suhu di bawah minus 12 derajat celcius. Parahnya lagi, ketika badai ini berlangsung, jarak pandang bisa mendekati nol visibilitas.

3. Badai Pasir
Ketika badai ini terjadi, kondisi angin akan membawa sejumlah besar pasir ke udara. Sebagian besar pasir memang tak naik hingga 50 sentimeter, tetapi butiran pasir bisa naik hingga ketinggian dua meter. Adapun butiran rata-rata pasir yang dibawa angin antara 0, 15 dan 0,30 milimeter.

Badai pasir ini memiliki kecepatan hingga 16 kilometer per jam dan berlangsung selama tiga hingga lima jam. Rata-rata badai ini terjadi di daerah berpasir seperti gurun, pantai, dasar sungai kering, hingga tempat dengan sisa-sisa kerikil dan lumpur. Badai ini berbahaya karena menimbulkan ancaman bagi arus lalu lintas yang mengakibatkan jarak pandang terhalang pasir.

4. Badai Rumah Tangga
Badai ini adalah badai lokal atau hanya terjadi di dalam rumah. Berbeda dengan ketiga badai sebelumnya, badai ini memiliki kecepatan yang tidak menentu. Terkadang badai ini melanda saat pulang kerja hingga pagi hari. Terkadang juga terjadi hanya melalui telepon. Badai ini memiliki kemampuan yang luar biasa karena dapat menerbangkan segala sesuatu yang ada di dalam rumah.

Badai terbesar dari badai ini ialah dapat berlangsung hingga kurun waktu satu sampai dengan berbulan-bulan. Badai ini menurut beberapa ahli terjadi karena kehadiran pihak ketiga di dalam rumah tangga. Berbeda dengan badai pasir, badai ini terjadi saat kekeringan hubungan sedang melanda.  Berbeda pula dengan badai debu, badai ini dapat menimbulkan erosi kemesraan dengan pasangan. Dan berbeda pula dengan badai salju, badai ini juga mengakibatkan visibilitas masa depan anak menjadi berkurang. Badai ini perlu menjadi perhatian khusus, sehingga dapat dihindarkan.

(Sumber : kompas, edisi : selasa, 24 Desember 2013, hlm. 37)

One thought on “Waspadai Keempat Badai Ini

  1. Reblogged this on Setia Melangkah Meraih Cita and commented:
    Siip.
    Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Desember 2013
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: