Hal yang Perlu diperhatikan sebagai Seksi Perlengkapan

3

15 Juni 2014 oleh mbi9

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Anda aktif di dalam sebuah organisasi. Lalu, organisasi tersebut akan mengadakan sebuah kegiatan atau even penting. Saat pembagian job, Anda mendapatkan tugas sebagai seksi atau sie. Perlengkapan. Kebetulan, seksi tersebut adalah seksi yang pertama kali Anda terima. Anda bingung mengenai jenis pekerjaan yang harus Anda lakukan. Menurut saya, jangan terlalu bingung.

Apa itu Seksi Perlengkapan?
Seksi perlengkapan merupakan seksi vital di dalam sebuah kegiatan atau acara. Seksi ini melaksanakan tugas pada saat sebelum acara dimulai sampai dengan acara dimulai.

Tugas dari seksi ini ialah menyiapkan perlengkapan yang mendukung jalannya acara. Seperti misalnya, menyediakan spanduk, bangku di tempat pertemuan dan menyediakan lcd atau bahkan laptop.

Oleh karena tugas dari seksi perlengkapan sangat berat dan berkaitan dengan fisik, maka tugas ini pada umumnya diduduki oleh pria. Biasanya lagi, tugas tersebut diberikan kepada pria-pria berbadan besar. Meski memang kadang seksi ini diduduki dan diisi oleh perempuan, itu pun bersifat sementara. Kembali pada nantinya akan dikerjakan atau dilaksanakan oleh pria.

Sie. yang Berhubungan
Pada dasarnya seksi perlengkapan harus memiliki hubungan yang erat dengan seksi-seksi yang berkaitan langsung dalam penyuplaian logistik acara.  Di bawah ini adalah beberapa seksi yang harus memiliki hubungan kuat dengan sie. Perlengkapan:

1. Acara : Seksi ini harus berhubungan erat dengan seksi perlengkapan karena alat-alat yang dibutuhkan untuk kegiatan akan dilist oleh seksi ini. Dengan demikian, seksi Acara adalah rekan paling dekat dengan seksi perlengkapan.

2. Bendahara : Jika seksi acara sudah memiliku list barang  yang harus ada, maka kegiatan tidak akan berlangsung dengan lancar kalau tanpa ada campur tangan dari bendahara. Secara logis dapat dikatakan bahwa alat-alat yang memang butuh untuk dibeli, tidak akan terbeli jika tanpa peran serta aktif dari bendahara.

3. Dokumentasi : Bisa jadi pada saat Anda merekrut anggota tidak salah satu pun memiliki kemampuan dalam mendesign sebuag spanduk. Maka, Anda bisa berkoordinasi dengan seksi dokumentasi agar spanduk dapat tercetak.

Itu adalah hal-hal yang harus dimiliki oleh seksi perlengkapan. Semoga saat Anda menjabat sebagai seksi perlengkapan, seksi tersebut dapat bekerjasama dengan baik dengan semua orang dan termasuk di dalamnya secara khusus ialah bagian-bagian dari seksi lain.

3 thoughts on “Hal yang Perlu diperhatikan sebagai Seksi Perlengkapan

  1. Ini dia jadi sie perlengkapan. Paling kecewa jika acara berlangsung, tiba – tiba sound system error. Aduh darah ini jadi mendidik. Syukurlah sie perlengkapan cepat tanggap dan mampu menemukan solusi. Siip.

  2. mbi9 mengatakan:

    Dari seksi ini juga kebanyakan lahir cikal-bakal pemimpin. Karena banyak kemampuan yang diperoleh.

  3. Mas mujib mengatakan:

    Ini juga pertama kalinya saya jadi seksi perlengkapan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Juni 2014
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 163,456 PEMBACA

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

SPACE IKLAN

2560x1440-black-solid-color-background
%d blogger menyukai ini: