Empat Tips Mempertahankan Follower Anda

Tinggalkan komentar

30 Juni 2014 oleh mbi9

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Anda memiliki akun twitter? Anda ingin terkenal dengan akun tersebut? Tetapi begitu sudah memiliki banyak pengikut, akun twitter tersebut secara perlahan ditinggalkan oleh pengikutnya? Anda tahu penyebabnya atau masih menduga-duga? Berikut pembahasan singkat mengenai bagaimana fenomena tersebut dapat terjadi pada akun twitter Anda.

Ada beberapa alasan bagi seseorang dalam membuat akun twitter. Pertama, mempermudah komunikasi dengan rekan kerja atau teman di luar negeri. Kedua, mempromosikan bisnis yang tengah dijalani. Ketiga, menjadi terkenal di dunia maya. Itu semua tidak akan terjadi jika pengikut dari akun twitter Anda hanya berjumlah 10-20 pengikut.

Lalu, untuk mengatasi hal tersebut Anda mulai membanjiri akun Anda dengan ratusan tweet. Anda mungkin mulai membagikan aktifitas Anda atau Anda mulai membagikan apa yang Anda ketahui mengenai sesuatu hal yang tengah menjadi perhatian Anda. Dari usaha Anda itu, Anda menghasilkan beberapa pengikut yang tertarik dengan pembahasan Anda. Setelah tertarik dan menjadi pengikut dari akun twitter Anda, keesokan harinya akun tersebut tidak lagi menjadi pengikut Anda. Nah lho, bagaimana itu bisa terjadi? Apa yang menjadi alasan hingga pengikut Anda memutuskan hal tersebut?

Berdasarkan pada kedua pertanyaan tersebut, saya coba menjelaskannya berdasarkan pengalaman yang telah saya terima saat aktif di dalam akun twitter pribadi saya.

1. Kurang Menghargai
Anda telah diikuti oleh sebuah akun twitter. Lalu, Anda lupa atau sengaja tidak mengungkapkan penghargaan Anda terhadap akun tersebut. Hati-hati, di sini adalah letak awal kekeliruan Anda dalam memberikan reaksi kepada pengikut. Di sini yang perlu Anda lakukan adalah memberikan penghargaan terhadap sebuah akun yang telah mengikuti Anda. Anda dapat mengucapkan “terima kasih karena telah mengikuti”. Cukup dengan ucapan tersebut, Anda sudah dapat menunjukkan sikap menghargai akun tersebut. Kenapa demikian? Terkadang sebuah akun membutuhkan pertimbangan yang sangat berat untuk memutuskan menjadi pengikut Anda atau tidak. Oleh sebab itu yang perlu ditekankan ialah sikap menghargai atas keputusannya mengikuti akun twitter Anda.

2. Lupa untuk Mengikuti Akun tersebut
Sesudah menghargai sikap dari pemilik akun tersebut, jangan lupa untuk mengambil sikap menghargai selanjutnya yakni mengikuti pula akun twitter tersebut. Mengapa demikian? Bukankah akun tersebut terkadang merupakan akun yang tidak penting? Bagi saya pribadi, akun twitter merupakan sesuatu yang penting. Seperti apa yang membuatnya penting? Semua orang yang memiliki akun twitter akan membuat tweet-tweet. Tweet tersebut mungkin saja dibuat oleh pemilik akun dalam menyikapi sebuah permasalahan atau pemikiran orang lain. Di saat itu pula, orang di dunia lain juga menghadapi masalah yang sama di mana hal tersebut juga dihadapi olehnya. Maka, kita juga bisa melakukan re-tweet terhadap tweet dari akun tersebut.

3. Melakukan Re-Tweet
Seperti apa yang telah saya sampaikan pada point nomor dua bahwa aktifitas Anda dalam membuat tweet adalah dasar penting dalam mempertahankan akun twitter pengikut Anda. Oleh sebab itu, membuat tweet ulang dan berharap bahwa tweet ulang tersebut akan ditweet kembali adalah kewajiban yang harus dijalankan. Karena, mungkin di belahan dunia lain ada pula pemilik akun twitter yang memiliki permasalahan terhadap pembicaraan yang kita lakukan. Mudah-mudahan apa yang sudah disampaikan dalam tweet ulang tersebut dapat membantu atau sekedar meringankan masalah yang tengah dihadapinya.

4. Tetap Fokus pada Topik
Mengikuti, membuat tweet atau melakukan tweet ulang melalui akun twitter Anda tidak semata-mata Anda lakukan begitu saja. Anda harus tetap fokus kepada kategori-kategori yang telah Anda tentukan. Anda tidak bisa melakukan atau memberikan tweet yang berbeda dari sebelumnya. Mengapa demikian? Kalau orang lain sudah mengenal Anda dengan karakter tertentu, maka karakter itulah yang membuat akun twitter lain memutuskan untuk mengikuti Anda dan bukan karakter lain yang Anda tonjolkan.

Demikianlah pembahasan dari empat cara mempertahankan pengikut akun twitter Anda. Semoga Anda bisa dan mampu memberikan info-info atau pembahasan menarik melalui aktifitas Anda di dunia maya. Agar Anda pun dapat membantu memecahkan permasalahan orang lain di negara lain. Semoga tulisan saya ini dapat memberikan inspirasi kepada Anda semua dalam beraktifitas di dunia twitter. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

ditulis pula di philipus9.blogspot.com dalam edisi bahasa Inggris

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Juni 2014
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: