6 Tips Mudik Nyaman

Tinggalkan komentar

25 Juli 2014 oleh mbi9

image

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi

Mudik merupakan rutinitas tahunan yang selalu dilakukan oleh penduduk Indonesia. Hampir setiap perayaan besar atau libur nasional, masyarakat Indonesia melaksanakan rutinitas yang dinamakan mudik ini. Ada kalangan masyarakat yang menggunakan jasa transportasi umum seperti bis, kereta api, pesawat terbang dan kapal laut. Ada pula yang mudik dengan menggunakan transportasi pribadi.

Berkaitan dengan transportasi pribadi tentunya kita semua tidak menginginkan kegiatan mudik menjadi kelabu bukan? Seperti misalnya, mobil atau motor yang dipergunakan mengalami gangguan. Atau amit-amit cabang bayi sampai pada kecelakaan. Jangan sampai kedua hal tersebut menjadi awan kelabu yang menghujani kecerahan suasana mudik kita. Oleh sebab itu, kita perlu meminimalisir kedua hal tersebut dengan:

1. Servis Kendaraan
Entah seberapa jarak yang ditempuh, kita tetap memerlukan yang namanya servis berkala. Apalagi jika kita ingin menempuh jarak hingga ribuan kilometer. Tujuan dari servis ini ialah melihat dan memeriksa apakah kendaraan yang akan dipergunakan masih layak atau tidak.

2. Ganti Part Lama
Jika selama ini kita hanya menggunakan kendaraan untuk operasional mencari uang, maka tentu berbeda dengan mudik. Mungkin jika sehari-hari kita menggunakan kendaraan hanya seputaran rumah dan kantor, kini berbeda. Kita harus melewati sekian ratus dan bahkan ribuan kilometer. Lagi pula belum tentu sepanjang jalan yang ditempuh akan terdapat bengkel. Oleh sebab itu, gantilah part-part vital yang mungkin akan sering dipergunakan dalam perjalanan seperti kampas rem, kopling atau lainnya. Bukankah lebih baik menggantikan dengan yang baru daripada kita harus menebusnya dengan harga yang lebih dari harga part kendaraan.

3. Kondisi Kesehatan
Selain faktor kendaraan, hal yang harua diperhatikan untuk berkendara mudik ialah kesehatan. Jangan sampau kiya memaksakan kondisi tubuh yang sedang tidak fit. Karena itu akan sangat merugikan diri sendiri dan sesama. Usahakan jika kita ingin pergi untuk tetap menjaga kesehatan. Agar kita pun bisa menikmati mudik. Ditambahkan pula jika kita mengalami kantuk, maka jangan memaksakan diri untuk tetap berkendara. Karena itu sangat membahayakan.

4. Surat-Surat Kendaraan.
Pastikan SIM dan STNK selalu ada di dompet kita. Bukan hanya untuk menghindari ditilang oleh aparat melainkan juga keperluan yang lain dan juga lebih penting dari itu. Bagi yang belum memiliki SIM disarankan untuk tidak menggunakan kendaraan.

5. Peta
Jaman sekarang sepertinya bukan jamannya lagi menggunakan lembaran peta. Banyak orang yang kini beralih ke media online seperti gps atau gmap. Namun, yang perlu kita sadari bahwa gadget tersebut cenderung mengandalkan daya listrik. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan habis. Maka, untuk menghindari hal tersebut bawalah peta demi kenyamanan.

Demikianlah tips dan saran yang dapat saya sharingkan. Semoga tips ini dapat berguna bagi Anda sekalian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Juli 2014
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: