ARTI KERJASAMA DARI FILM TRANSFORMERS 5

Tinggalkan komentar

30 Agustus 2014 oleh mbi9

Gambar: moviepilot.com

Gambar: moviepilot.com

Oleh : Philipus Vembrey Hariadi 

Hari ini saya baru saja menonton sebuah film mengenai robot yang mampu merubah bentuk menjadi sebuah mobil. Ya, judul film tersebut ialah Transformers 5. Sebuah film yang mengisahkan perhelatan antara kelompok autobot dan cybertron. Berbeda dengan edisi film yang sebelumnya. Kali ini, Transformer diawali dengan sebuah tayangan di mana kelompok autobot dikejar-kejar dan bahkan dihancurkan oleh manusia. Namun, proses penghancuran tersebut tidak hanya dilakukan oleh manusia saja melainkan didukung dan dibantu oleh utusan “pencipta”.

Meski ini adalah kali kedua saya menonton film ini, saya tetap menikmati adegan demi adegan. Hal yang menarik bagi saya ialah keseluruhan proses film tersebut. Di sini saya berpikir bahwa sedemikian hebatnya sebuah skenario hebat dalam memusnahkan para robot. Sehingga proses pemusnahan tersebut pun melibatkan pihak pemerintahan. Inilah kehebatan suatu aksi skenario yang diberikan judul dalam film tersebut sebagai black ops.

Pertempuran demi pertempuran dari film tersaji sangat penuh ketegangan. Tidak heran jika Optimus sebagai tokoh dari film ini senantiasa terluka atau pun terhunus pedang. Musuh lama, yakni Megatron mengalami perubahan bentuk di dalam film Transformers kali ini. Setelah hancur pada film sebelumnya, kini ia tampil dalam bentuk lain. Bukan lagi sebagai pesawat tempur melainkan sebagai sebuah truk. Kenapa bisa berubah bentuk? Ini adalah kekeliruan yang dilakukan oleh seorang pemilik industri robot. Karena ia memiliki ambisi untuk membangun pasukan robot, maka ia mencari copy sebagai dasar untuk robot yang akan diciptakannya.

Namun, karena tidak mengetahui asal-usul dari robot acuan, maka terjadi kekacauan dalam uji coba. Robot yang seharusnya tidak bisa berbicara ternyata dapat berbicara. Di samping itu, pergerakan dari robot ciptaan itu pun di luar kendali manusia. Alias robot ciptaan itu menjadi liar dan sulit dikendalikan. Bagaimana tidak liar jika isi pikiran Megatron ternyata ada di dalam robot ciptaan tersebut. Robot itu pun diberi nama Galvatro. Tidak jauh bedakan dengan Megatron?

Dalam Transformers kali ini ada beberapa robot baru yang ditampilkan. Berikut adalah robot-robot tersebut:

Gambar: jmp2020.deviantart.com

Gambar: jmp2020.deviantart.com

 

Nilai Kehidupan

Dari film ini, kita bisa mempelajari bahwa menggunakan rekan kerja sama dan memanfaatkannya hanya untuk kepentingan sendiri tidaklah etis. Mungkin pada masa yang dekat akan membawa keuntungan bagi diri kita. Tetapi, apakah kita tahu apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang? Film ini hendak menghantar kita pada sebuah arti kerja sama yang sungguh-sungguh bernilai kerjasama.

Kerjasama dari film ini ialah tidak saling menyerang. Kerjasama bagi autobot ialah saling menguntungkan dan saling melindungi. Jika ingin membuat kerjasama dengan pihak yang kurang lebih memiliki nilai yang sama, perhatikanlah isi dari orang di baliknya. Apakah ada pihak yang menginginkan kehancuran kita atau itu sungguh-sungguh kerjasama. Memang itu sulit terlihat tetapi pada dasarnya kita dapat melihat itu melalui sejarah dari lingkungan.

Bagaimana caranya mengetahui melalui sejarah atau kisah mengenai orang yang akan diajak kerjasama? Bertanya kepada orang yang ahli di dalam bidangnya dan mengetahui rekam jejak (track record) sebelumnya. Tindakan itu akan membawa begitu banyak dampak terhadap point-point kesepahaman di dalam kerjasama. Setidaknya, kedua belah pihak akan saling menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Agustus 2014
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,744 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: