TUBUH MENURUT CHERIE CARTER-SCOTT, Ph. D. (KATA BIJAK)

Tinggalkan komentar

17 November 2014 oleh mbi9

 Bila Anda membuka diri terhadap semua pelajaran dan pemberian yang disajikan tubuh Anda, tubuh Anda bisa memberikan kepada Anda kepingan-kepingan kebijakan dan anugerah yang berharga, yang akan membimbing Anda menyusuri jalan evolusi spiritual Anda.

  1. Kita masing-masing mempunyai hubungan yang berbeda-beda dengan tubuh kita. Anda bisa menganggap tubuh Anda sebagai suatu rumah yang dirancang khusus, disesuaikan untuk menampung jiwa dan ruh Anda. Atau mungkin juga Anda merasa bahwa tubuh Anda tidak cocok dengan inti diri Anda, sehingga menjerat Anda dalam suatu kandang yang tidak serasi. Mungkin juga Anda mempunyai hubungan yang erat dengan tubuh Anda, dan Anda merasa memiliki hubungan yang santai dan memuaskan serta akrab dengannya. Bisa juga Anda merasa tidak nyaman dengan tubuh Anda dan merasa ingin tubuh Anda berbeda – lebih kuat, lebih ramping, lebih sehat, lebih menarik, atau tidak begitu canggung. Atau mungkin Anda merasa terasing dari tubuh Anda, seolah sudah terjadi suatu kekeliruan ketika pembagian tubuh dilakukan.
  2. Bila Anda adalah salah satu dari sedikit orang yang beruntung, yang sudah merasakan tubuh Anda sempurna seperti apa adanya sekarang, dengan segala kekurangan dan kekuatannya, maka Anda sudah menghayati pelajaran selanjutnya. Namun, bila masih ada sebagaian kecil dalam diri Anda yang percaya bahwa Anda akan lebih bahagia bila bertubuh lebih langsing, lebih tinggi, lebih besar, lebih kokoh, lebih pirang, lebih kuat, atau perubahan-perubahan fisik lainnya yang menurut Anda akan seperti sulap mengubah kehidupan Anda mejadi lebih baik, maka Anda perlu mengambil waktu untuk mempelajari makna penerimaan yang sesungguhnya.
  3. Penerimaan adalah tindakan menerima apa yang disajikan kehidupan kepada Anda dengan sikap yang baik.
  4. Bagi banyak orang, tubuh mereka adalah sasaran penilaian mereka yang paling keras dan juga barometer untuk mengukur nilai diri mereka sendiri. Mereka mengukur diri dengan suatu patokan yang sulit dicapai, dan memaki diri mereka sendiri karena tidak memenuhi patokan kesempurnaan. Karena bentuk fisik Anda adalah bentuk yang menampilkan diri Anda di dunia ini, maka sering Anda mendefinisikan diri dengan wujud tadi, dan orang lain pun sering mendefinisikan Anda seperti itu. Cara Anda memandang tubuh Anda berhubungan langsung dengan seberapa dekat Anda berhasil menyerap pelajaran penerimaan.
  5. Dorongan untuk pengembangan diri memang sehat selama datangnya dari sumber cinta diri dan bukan dari suatu perasaan ketidakcukupan.
  6. Kepercayaannya itu menghambatnya untuk bisa menyenangi dirinya sendiri.
  7. Dirinya yang sejati akan selalu mendampinginya sepanjang hidupnya, sementara penampilan akan berubah dan memudar – pada akhirnya merupakan sumber yang tidak bisa dipegang bagi harga diri.
  8. Sering-seringlah mengingatkan diri bahwa diri adalah sesuatu yang tidak langgeng. Anda memilikinya, kehilangannya, mengembangkannya, merawatnya, dan dipaksa membangunnya kembali berulang kali. Ia bukan sesuatu yang bisa dicapai dan dipertahankan, tetapi lebih merupakan suatu proses sepanjang hidup yang perlu dijelajahi dan dikembangkan.
  9. Menghormati tubuh Anda berarti mempunyai pandangan tinggi terhadapnya dan menghargainya.
  10. Perlakukanlah tubuh Anda sebagai suatu bangunan yang patut dihormati maka ia akan membalas dengan perlakuan serupa. Aniayalah atau acuhkanlah tubuh Anda, maka ia akan runtuh dengan berbagai cara sampai Anda meresapi pelajaran penghargaan.
  11. Penghargaan sesungguhnya datang dari penggalian tentang apa yang dibutuhkan tubuh Anda untuk bisa berkinerja secara optimal, lalu membuat perjanjian untuk menghormati kebutuhan itu.
  12. Bila Anda tahu bahwa makanan pedas membuat Anda sakit, tetapi toh Anda menyukainya, maka berapa kali Anda harus memuaskan diri dan membahayakan kenyataan tubuh Anda sebelum Anda belajar menghormati keterbatasannya?
  13. Perlakukanlah tubuh Anda dengan rasa hormat dan penuh penghargaan, maka ia akan membalas dengan sepadan. Dengarkan tubuh Anda dan kebijakannya; ia akan memberitahu Anda kebutuhannya kalau Anda menanyakannya, mendengarkannya dan menghiraukannya.
  14. Kenikmatan adalah perwujudan fisik dari kegembiraan.
  15. Tubuh Anda bisa menjadi salah satu sumber terbesar bagi kenikmatan bila Anda membuka penuh kelima indera Anda dan menyelami keajaiban fisik dari kenyataan bahwa Anda hidup.
  16. Banyak orang memiliki kuota yang tidak tampak dalam pikiran mereka tentang besarnya kegembiraan yang mereka perbolehkan dinikmati oleh diri mereka sendiri. Mereka begitu sibuk menjalani kehidupan sampai mereka menganggap kenikmatan sebagai suatu kemewahan, dan mereka tidak sempat meluangkan waktu untuk mengalaminya. Hal-hal seperti bercinta atau bermain menempati urutan terakhir dalam kegiatan sehari-hari.
  17. Kenikmatan adalah bagai minyak pelumas yang membuat mesin kehidupan Anda berjalan mulus dan lancar. Tanpa itu, roda giginya macet dan hamper pasti Anda akan runtuh.

 18. Apa yang mendatangkan kenikmatan bagi Anda? Lakukanlah, dan lakukanlah sesering mungkin, karena itu akan membuat hati Anda ringan dan melakukan mukjizat bagi jiwa Anda.

Cherie Carter-Scott, Ph. D.

Dalam:

BILA HIDUP SEBUAH PERMAINAN: INILAH ATURANNYA

(Sepuluh Aturan untuk Menghadapi Tantangan Hidup)

Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama

Jakarta, 2004

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

November 2014
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 163,456 PEMBACA

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

SPACE IKLAN

2560x1440-black-solid-color-background
%d blogger menyukai ini: