Welas Asih menurut Cherie Carter-Scott, Ph. D.

Tinggalkan komentar

25 November 2014 oleh mbi9

gambar:wonderfulstories.net

gambar:wonderfulstories.net

 

  • Welas asih adalah tindakan membuka hati Anda. Hidup dengan bersikap penuh welas asih berarti Anda mendekati dunia dengan menurunkan rintangan-rintangan emosi Anda dan dengan kemampuan Anda untuk berhubungan dengan orang lain dalam keadaan utuh.
  • Welas asih adalah perekat emosional yang membuat Anda tetap berakar dalam sifat universak dari pengalaman manusia, karena ia menghubungkan Anda dengan inti diri Anda dan inti diri orang-orang sekitar Anda.
  • Bila saya membiarkan hati saya terbuka dan tidak terlindung selama menyaksikan siaran berita jam enam setiap petang, sangat besar kemungkinan saya tidak akan pernah pulih dari serangan perasaan tak berdaya dan putus asa yang ditimbulkan oleh semua kisah tragis.
  • Anda bisa memilih untuk meleburkan rintangan-rintangan itu bila Anda ingin berhubungan dengan manusia lain. Anda juga bisa memilih untuk membatasi jalan masuk orang lain ke dalam hati Anda bila Anda merasa perlu, dengan membentuk penilaian yang memisahkan Anda dengan apa yang Anda beri penilaian.
  • Pada saat tertentu, penilaian Anda berfungsi untuk membantu Anda menentukan kepercayaan dan pikiran apa yang akan Anda biarkan masuk dari dunia luar, dan membantu Anda memilah apa yang benar bagi Anda. Tanpa kemampuan penilaian, Anda akan diserang bertubi-tubi oleh ratusan gagasan yang saling bertentangan, sementara Anda tidak memiliki kekuatan untuk membedakannya.
  • Bila penilaian Anda menjadi lebih berkuasa daripada kemampuan Anda untuk memancarkan empati, maka Anda memisahkan diri dari inti kemanusiaan dalam diri Anda. Anda menempatkan diri Anda dalam sebuah kotak pembenaran diri dan menutup diri Anda terhadap kebutuhan dalam diri Anda untuk berhubungan dengan orang lain.
  • Cara paling baik untuk melakukan ini adalah dengan memusatkan perhatian Anda kepada pernapasan Anda. Bila pernapasan Anda terasa dangkal atau sulit, kemungkinan besar Anda sudah terperangkap ke dalam penilaian yang perlu dilepaskan.

Cherie Carter-Scott, Ph. D.

Dalam:

BILA HIDUP SEBUAH PERMAINAN: INILAH ATURANNYA

(Sepuluh Aturan untuk Menghadapi Tantangan Hidup)

Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama

Jakarta, 2004

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

November 2014
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 163,456 PEMBACA

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

SPACE IKLAN

2560x1440-black-solid-color-background
%d blogger menyukai ini: