Gara-gara Sambungan Bendik Lepas

Bangun pagi, mau memanaskan mesin pulsar. Ketika tombol start ditekan, tiba-tiba tidak ada tanda pergerakan dinamo starter. Saya bingung mencari penyebabnya.

Kabel positif dan negatif pada aki sudah saya cek. Keduanya tidak ada yang renggang, masih sip untuk sekian bulan ke depan.

Seingat saya, ada seorang teman yang mengatakan bahwa ketika pulsar tidak bisa distarter, maka coba dijumper. Lalu, saya coba saran dari teman saya itu. Terbukti mesin pun bisa dinyalakan.

Penasaran, kenapa mesin tidak dapat distarter, maka saya coba kembali untuk mematikan mesin dan mengulangi langkah dari awal. Hasilnya nihil, mesin tidak dapat dihidupkan.

Saya coba urutkan kabel dari bendik starter hingga aki. Akhirnya, letak penyebab mesin Gambot (Pulsar 200) ditemukan. Ini dia penyebabnya:

image

Kabel dari sambungan pada bendik starter ternyata lepas. Saya menyambungkan kembali kedua kabel tersebut. Lalu, saya coba starter mesin kembali dan alhasil mesin dapat menyala dengan normal.

Mungkin kabel-kabelnya sudah harua diganti biar kembali menjadi baru. Nanti saja kalau sudah ada biaya. Terima kasih atas kesediaannya membaca.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s