Mengganti Bushing Arm Honda Spacy

Tinggalkan komentar

19 Juli 2015 oleh mbi9

image

Setelah sekian lama pencarian, akhirnya dipertemukan juga dengan yang tepat dan awet. Apa itu? Ini bukan mengenai makanan atau pun jodoh. Melainkan mengenai bushing arm milik Keke.

Bushing arm Keke (Honda Spacy) yang saya miliki rusak. Karetnya pun sudah hancur. Kondisi tersebut membuat Keke harus bergoyang dang-dut jika melewati jalan bergelombang. Belum lagi jika harus belok memutar, sangat sulit untuk menjaga keseimbangan dan membahayakan.

Kondisi seperti itu tidak bisa dibiarkan, oleh sebab itu saya berinisiatif untuk menggantinya. Lalu, pergilah saya ke bengkel terdekat di rumah untuk menjalankan proses penggantian bushing arm.

Bushing arm pertama yang saya pergunakan ialah milik honda beat. Setelah bushing diganti, kondisi riding menjadi stabil. Jika melewati kondisi jalan bergelombang, tidak lagi mengalami goyangan. Semuanya kembali normal. Kerennya, bengkel yang saya pilih ini memberikan garansi. “Jika rusak atau problem, balik lagi ke sini aja, pak.” Keren kan?

Hari pemakaian pertama, kestabilan masih terjaga. Medan yang saya lewati ialah jalan berlubang, jalan bergelombang dan kondisi jalan yang rusak. Kondisi seperti itu selalu saya hadapi. Minggu ketiga, bushing arm kembali terganggu. Kestabilan Keke di jalan pun mulai terganggu dan sulit untuk menjaga keseimbangannya ketika sedang melewati jalan bergelombang.

Minggu keempat, saya komplain ke bengkel. Lalu, komplain saya tersebut ditanggapi dengan mengganti bushing arm yang sudah rusak. Kali ini bushing arm yang dipasang ialah milik honda vario 125. Satu hari, satu minggu, dua minggu, tiga minggu, satu bulan hingga bulan ketiga, Keke mengalami kestabilan. Tetapi ketika masuk minggu pertama dari bulan ketiga, terjadi oleng ketika saya berbelok memutar balik. Saya cek kembali kondisi ban, fine. Cek kondisi kembang ban, fine. Saya cek shock, fine. Pada akhirnya saya coba memeriksa bushing dengan menekan ban dari samping kiri. “Wow, goyang lagi….dan ada kelonggaran di dalam bushing tersebut.” Alhasil kembali ke bengkel dan ganti lagi dengan yang baru.

Kali ini si pemilik bengkel memberikan solusi terakhir yakni mengganti dengan milik honda vario 110. “Hmmmm….saya sangsi bisa diselesaikan,” pikir saya. Setelah dipasang dan saya uji coba, saya berani menyatakan stabil. Nah, yang membuat saya berhati-hati ialah selepas bulan ketiga seperti apa? Akankah awet?

Syukur, puji Tuhan, setelah melewati bulan ketiga kondisi Keke masih stabil dan tidak mengalami gangguan pada bushing arm. Akhirnya, kondisi seperti itu telah saya lewati. Kini, saya bisa kembali mengendarai sepeda motor dengan tenang. Dengan demikian, bagi pemilik Honda Spacy yang mengalami gangguan pada bushing arm, rekomendasi untuk menggunakan bushing arm dari milik Honda Vario 110. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Arsip

date

Juli 2015
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 163,456 PEMBACA

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

SPACE IKLAN

2560x1440-black-solid-color-background
