Cache: Fungsi, Cara Kerja, Cara Menghapusnya dan Dampak Setelah Terhapus

7

13 Agustus 2015 oleh mbi9

Ponsel Anda melambat? Nah, ada salah satu penyebab ponsel menjadi melambat yakni menumpuknya cache dalam memori ponsel. Sebelum masuk lebih mendalam, sebaiknya kita mencari tahu dan memahami yang dimaksud dengan cache. Blog http://robopackz.blogspot.com (ditelusur tanggal 10 Agustus 2015), menjelaskan bahwa cache memory adalah memory yang berukuran kecil yang sifatnya temporary (sementara). Walaupun ukuran filenya sangat kecil namun kecepatannya sangat tinggi. Dalam terminologi hadware, istilah ini biasanya merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang biasanya memiliki kecepatan yang lebih rendah.

Blog http://kj-jogja.blogspot.com (ditelusuri tanggal 10 Agustus 2015), menjelaskan yang dimaksud Cache adalah : Cache beasal dari kata cash. Dari istilah tersebut cache adalah tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara. Sesuai definisi tersebut cache memori adalah tempat menyimpan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.

Berdasarkan kedua pengertian yang diberikan oleh kedua blog tersebut, maka dapat dikatakan bahwa cache ialah tempat menyimpan data. Sifat dari data yang tersimpan di dalamnya ialah sementara (temporary). Peran dari cache ialah mempercepat permintaan data yang bersifat sama.

Fungsi Cache Memori
Seperti apa yang telah diungkapkan di atas bahwa cache merupakan tempat penyimpanan data yang bersifat sementara. Fungsi dari cache ini diungkapkan secara lebih lengkap oleh http://robopackz.blogspot.com (ditelusuri tanggal 10 Agustus 2015). Blog tersebut mengungkapkan fungsi dari Cache Memory adalah sebagai tempat menyimpan data sementara atau intruksi yang diperlukan oleh processor. Secara gampangnya, cache berfungsi untuk mempercepat akses data pada komputer karena cache menyimpan data atau informasi yang telah di akses oleh suatu buffer, sehingga meringankan kerja processor. Jadi Bisa disimpulkan fungsi cache memory yaitu: 

A. Mempercepat Akses data pada komputer 
B. Meringankan kerja prosessor 
C. Menjembatani perbedaan kecepatan antara cpu dan memory utama. 
D. Mempercepat kinerja memory. 

Cara Kerja Cache
Blog robopackz.blogspot.com (ditelusuri tanggal 10 Agustus 2015) menjelaskan mengenai proses kerja dari cache, yakni jika prosesor membutuhkan suatu data, pertama-tama dia akan mencarinya pada cache. Jika data ditemukan, prosesor akan langsung membacanya dengan delay yang sangat kecil. Tetapi jika data yang dicari tidak ditemukan,prosesor akan mencarinya pada RAM yang kecepatannya lebih rendah. Pada umumnya, cache dapat menyediakan data yang dibutuhkan oleh prosesor sehingga pengaruh kerja RAM yang lambat dapat dikurangi. Dengan cara ini maka memory bandwidth akan naik dan kerja prosesor menjadi lebih efisien.

Jika menyimak penjelasan mengenai kinerja dari cache di atas, maka dapat dikatakan bahwa cache itu akan menumpuk dalam memori atau RAM. Penumpukan tersebut jika dibiarkan dalam waktu lama, seperti yang diungkap dalam situs http://www.plimbi.com (ditelusuri tanggal 12 Agustus 2015) dapat cukup memakan banyak ruang. Ditambahkan pula bahwa bertambahnya jumlah cache dapat membuat smartphone menjadi melambat.

Menghapus Cache tanpa Aplikasi
Menumpuknya cache dalam memory smartphone dapat menyebabkan menjadi lambat. Oleh sebab itu ada sarana yang dapat dipergunakan untuk membuat smartphone kembali memiliki ruang yang cukup lega. Ada dua tawaran bagi para pemilik smartphone untuk mendapatkannya, yakni secara manual atau menggunakan aplikasi yang ditawarkan, salah satunya bagi pemilik android dapat menggunakan jasa market google.

Jika tidak menginginkan untuk menggunakan aplikasi, dapat dilakukan proses:

Masuk ke menu setting, lalu klik pada bagian penyimpanan atau dalam bahasa Inggrisnya ialah storage. Biarkanlah beberapa menit agar smartphone bekerja untuk menghitung seluruh memori yang ada di dalamnya. Tanda ketika proses perhitungan memori selesai ialah kita dapat melihat file yang terdapat di dalam memori handphone atau pun pada micro sd. Di dalam jajaran memori tersebut ada pilihan “data dalam cache”. Tulisan tersebut bisa saja terdapat pada memori smartphone atau micro sd. Jika ingin membuat smartphone menjadi ringan, kita dapat menghapus “data dalam cache” pada memori internal maupun micro sd.

Setelah membersihkan, biarkan proses berlangsung hingga tulisan “data dalam cache” pun menghilang. Setelah melakukan proses tersebut, maka dapat dikatakan smartphone sudah bersih dari cache. Demikianlah cara membersihkan cache yang terdapat pada smartphone tanpa menggunakan aplikasi.

Membersihkan Cache dengan Aplikasi
Bagi para pengguna Android jika ingin mengandalkan aplikasi untuk membersihkan cache, dapat mendownloadnya di market android. Di dalam market terdapat beberapa aplikasi yang dapat diandalkan untuk menghapus cache, di antaranya ialah:
1. App Cache Cleaner : aplikasi ini sudah digunakan oleh 10 jt pengguna dan sudah mendapatkan review baik dari para penggunanya.
2. CCleaner : aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 10 jt pengguna. Angkanya sama dengan App Cache Cleaner. Selain di smartphone, aplikasi ini juga bisa digunakan pada pc atau pun notebook. Beberapa dari pengamat dan pengguna komputer juga pasti telah mengenal aplikasi pembersih ini.
3. Clean Master : aplikasi ini sudah diunduh kurang lebih sebanyak 100 juta dan telah diberikan bintang lima oleh 21.847.258 penggunanya.
4. Clear Cache: aplikasi bergambar tempat sampah ini sudah diunduh sebanyak 10 ribu dan mendapatkan bintang lima dari para penggunanya sebanyak 186.
Masih banyak aplikasi lainnya yang dapat diandalkan untuk membersihkan cache. Itu pun dapat diperoleh di aplikasi googleplay. Namun, bagus atau tidaknya aplikasi tersebut tergantung pada user dari smartphon. Penilaiannya ialah apakah aplikasi itu dapat menghilangkan data pada cache secara menyeluruh atau tidak. Bintang pada aplikasi tidak menggambarkan bahwa aplikasi tersebut adalah aplikasi yang dapat diandalkan untuk menghapus cache karena bisa saja ada pengguna yang tidak mau memberikan review terhadap aplikasi tersebut.

Dampak dari Bersihnya Cache dari Smartphone
Hasil penelusuran mbi9 terkait mengenai cache diperoleh dari situs http://siandroid.blogspot.com (ditelusuri tanggal 12 Agustus 2015). Hasil penelusuran tersebut menyatakan bahwa ketika cache pergi dari smartphone, maka smartphone dapat: melegakan memori, smartphone dapat bekerja lebih baik, loading sebuah aplikasi akan menjadi lebih lama dibandingkan saat masih ada cache, Cache yang terhapus akan menyebabkan kuota data sedikit lebih banyak untuk mengunduh script lengkap dari sebuah situs (browser), dan mengosongkan cache bisa menghemat daya baterai. Karena pembacaan cache yang besar akan membutuhkan sumber daya baterai yang besar pula.

Demikianlah ulasan mengenai cache dan bagaimana menghapusnya dari smartphone. Semoga artikel ini berguna bagi pembaca. Terima kasih.

7 thoughts on “Cache: Fungsi, Cara Kerja, Cara Menghapusnya dan Dampak Setelah Terhapus

  1. yanie zahrana mengatakan:

    youtube saya melemah setelah saya menghapus cache nya, apakah itu akan berlangsung seterusnya atau akan pulih dgn sendirinya? Thks

  2. mbi9 mengatakan:

    Melemah bagaimana, sis?

  3. Cesnatadry mengatakan:

    Alhamdulillah, sangat membantu. Sy sempet bingung mau diapain tab’nya. Krn game kosong, app hanya wa dan standar app lain kok ga bisa download lg. Skrg sdh bisa pasang app baru krn ruang memory full lg. Makasih ya vrooh

  4. Anonim mengatakan:

    Setelah saya menghapus cache,kenapa data yang ada di memori eksternal terhapus ya.. Seperti video dan gambar foto…..

  5. mbi9 mengatakan:

    Hati2 saat memberikan centang saat ingin menghapus. Karena saat akan menghapus cache pada umumnya aplikasi akan meminta persetujuan dari usernya.

  6. Fajar Rahmatullah mengatakan:

    Minta pencerahan gan, katanya cache mempercepat kinerja CPU (secara teknis) tapi kenapa cache memperlambat kinerja smartphone?

  7. mbi9 mengatakan:

    Karena cache juga melekat pada memori yang terdapat di handphone.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

date

Agustus 2015
S S R K J S M
« Jul   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: