Tanda-tanda Kiprok Spacy Mulai Hangus

Tinggalkan komentar

3 November 2015 oleh mbi9

Hal yang paling tidak mengenakkan dalam berkendara sepeda motor ialah ketika kita harus mengalami apa yang disebut dengan trouble atau masalah. Masalah dalam pengertiannya ialah motor kita mengalami masalah. Entah itu bermasalah pada engine atau pun kelistrikan.

Itulah yang saya alami belum lama ini. Ketika saya pulang menjalankan terapi, saya harus berhadapan dengan trouble pada kelistrikan.

Saat itu saya menggunakan motor matik honda Spacy. Saya berkendara di daerah Klender tengah menuju ke rumah, daerah Bekasi. Di sini saya melihat cahaya lampu utama yang sangat terang sekali. Namun saat itu saya tidak menaruh curiga pada apa pun. Saya justru senang karena dengan cahaya yang demikian, saya mampu melihat kondisi jalan yang saat itu lumayan gelap.

Anehnya, ketika saya memasuki daerah Pondok Kelapa. Di sini lampu utama mendadak menjadi redup. Redupnya bukan main. Kali ini lampu utama saya mendadak menjadi cahaya lilin. Saya pun mendadak panik. Karena perjalanan saya masih sangat jauh dan masih membutuhkan cahaya lampu utama yang memadai. “Oh…mungkin bohlam lampunya sudah mau putus. Mungkin dengan mengganti bohlam, cahaya lampu utama bisa kembali terang,” menurut dugaan saya. Akhirnya saya memutuskan untuk melewati Kalimalang. Karena di sepanjang jalan tersebut terdapat beberapa penjual lampu aksesoris. Mungkin saya bisa mengganti bohlam lampu utama di sana.

Saya melanjutkan perjalanan. Sepanjang jalan, saya mengalami miss visor terhadap kondisi jalan. Akibatnya saya harus menghantam beberapa lubang yang bertebaran di sepanjang jalan yang saya lewati. Ini adalah pengalaman paling istimewa di mana mengendarai sepeda motor tidak menggunakan lampu utama. Apalagi menghadapi situasi jalan yang ramai dan malam hari. “Lengkap sudah penderitaan yang gue hadapin,” ungkap saya dalam hati. Situasi diperparah dengan ngilu yang bukan main pada kaki kiri saya. “Mantap sudah…”

Akhirnya saya tiba di penjual lampu di pinggir jalan Kalimalang. Sesampainya di sana saya langsung meminta untuk mengganti lampu utama disertai dengan cerita bagaimana lampu utama itu bisa meredup. Berdasarkan cerita saya itu, maka penjual lampu langsung melakukan pemeriksaan pada bagian kelistrikan dan mencoba mengganti dengan bohlam yang baru. Alhasil, bohlam yang baru mengeluarkan cahaya yang terang namun lama kelamaan kembali meredup. “Hadehhhh….seperti hidup saja. Semangat diawal lama kelamaan meredup.”

Setelah melewati sedemikian banyak pemeriksaan, maka dikeluarkanlah rekomendasi oleh penjual yakni memeriksa spool atau kiprok. Alasannya ialah meski sudah diganti dengan yang baru pun cahaya lampu tidak juga terang. Itu jelas bahwa terdapat gangguan pada dua bagian tersebut. Oleh karena di tempat itu bengkel yang menjual spare part sudah tutup dan juga hari sudah sangat malam, maka saya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan. Itu pun dengan satu konsekuensi bahwa saya harus full konsentrasi memperhatikan kondisi jalan di depan.

Setelah melewati jalan yang gelap dan lubang jalanan yang ada, akhirnya saya tiba di rumah. Saya tidak melakukan pemeriksaan lagi pada bagian lampu. Saya hanya memeriksa bagian shock depan karena tadi saya sempat menghantam lubang. Saya memutuskan untuk mengkonsultasikan trouble ini ke bengkel langganan pada esok hari.

Keesokan harinya saya pergi ke bengkel langganan. Di sana saya menyampaikan keluhan pada lampu utama dan mengajukan saran untuk diperiksa bagian kelistrikan.

Pertama-tama montirnya memeriksa lampu utama. Secara perlahan montir tersebut memeriksa kondisi kabel. Di sana tidak diketemukan keanehan sekalipun. Lalu, pemilik bengkel mengajukan usul untuk memeriksa kiprok. Montir tersebut membuka bagian body yang melindungi kiprok.

Montir pun mencopot bagian kiprok tersebut dan di sini ia menemukan keanehan. Terdapat bau gosong keluar dari kiprok. Benar saja, kiprok tersebut hangus. Itulah penyebabnya lampu utama saya menjadi redup seperti cahaya lilin.

Alhasil, saya menggantinya dengan kiprok baru. Kiprok original pabrikan. Setelah itu, lampu utama pun menjadi terang kembali.

Dari kejadian ini yang saya pelajari ialah tanda-tanda dari kiprok yang mulai hangus terbakar. Tanda-tanda itu mungkin saja berbeda dari pembaca yang pernah alami. Namun ini ialah tanda dari pengalaman saya, yakni cahaya lampu terang sekali dan kemudian tidak lama setelah itu cahaya lampu menjadi lemah. Tidak hanya pada lampu utama. Demikian juga kinerja lampu sign dan lampu senja, semuanya menjadi lemah.

Tinggalkan Balasan

Arsip

date

November 2015
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

ART

YANG SUDAH MENGUNJUNGI

  • 162,186 PEMBACA

Iklan Anda

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 821 pengikut lainnya

