Mengganti Kabel Kopling Pulsar 200 dengan Milik Yamaha Vixion

3115-subtitusi-kabel-kopling-punya-honda-jadi-andalan
Gambar: otomotifnet.com 

Pada hari sabtu yang lalu, saya hendak mengantar istri pergi ke kantornya di sekitaran Jl. Jend. Sudirman. Tiba-tiba di lampu merah perempatan Tosari dan Sarinah (Dekat Hotel Mandarin), kopling motor terasa enteng. Firasat saya menyatakan sepertinya akan putus.

Benar saja, kopling putus dan memaksa saya untuk menyalakan lampu sign ke kiri dan menurunkan akselerasi motor. Saya turun dan mengecek posisi putusnya. Ternyata setelah saya cek kabel kopling tersebut putus pada bagian tengah. Saya pikir putus pada ujung dekat stut koplingnya. Jika pada posisi tersebut, mungkin kabel kopling bisa diakali. Tapi apa boleh buat, saya harus mengeluarkan kabel kopling cadangan dari top box.

Saya mengikuti anjuran beberapa teman pengguna Bajaj Pulsar bahwa kabel kopling untuk type motor saya bisa menggunakan kabel kopling milik Yamaha Vixion. Agak sedikit dag-dig-dug saat pemasangan. Karena saat itu dalam tekanan bahwa istri harus tiba di kantor paling lambat jam 9. Di lain pihak saya agak ragu karena baru kali ini saya mengganti kabel kopling dengan substitusi dari pabrikan Jepang.

Sambil mengeluarkan kabel kopling dari bungkusnya sambil juga disertai doa. Begitu saya buka bungkusnya, Puji Tuhan. Ternyata kabel koplingnya memiliki kemiripan dengan type kabel kopling pulsar 200. Alhasil, bergegas saya pasang langsung ke Gamboot (Julukan Pulsar 200 saya). Lalu, saya minta waktu tambahan 5 menit sambil meminta maaf atas kejadian tidak terduga ini. Waktu 5 menit saya pergunakan untuk menyetting kopling.

Tara…Puji Tuhan, kopling motor bisa bekerja dengan baik dan Gambot bisa kembali menggilas aspal Ibukota kembali. Belajar dari pengalaman ini, ternyata sebagai pengguna motor kopling, kita harus menyiapkan peralatan dan spare part fast moving di box. Sehingga ketika di saat yang tidak kita duga, kita masih bisa menggantinya sendiri. Oh iya, peralatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki kabel kopling pulsar 200 hanya bermodalkan kunci pas ukuran 12+minta kesabaran kepada boncengernya. Hehehe…. Terima kasih, sekian pengalaman saya mengganti kabel kopling pulsar 200.

Tinggalkan Balasan

