Cek Bagian ini Jika Pulsar 200 tidak Langsam dalam Akselerasi

Sudah genap seminggu ini saya merasa akselerasi dari Gambot alias Pulsar 200 yang saya miliki tidak langsam. Jika saya tinggikan maka akselerasi akan mengayun. Sudah beberapa kali saya coba menyetting pilot jetnya, namun sulit sekali untuk mendapatkan langsam.

Tetapi ada bagian menarik dari Gambot yang saat itu sulit langsam. Ketika saya parkir di areal perkantoran istri, saya melihat ke bagian karburator. Di sana saya melihat ada kabel yang tidak menancap atau tersambung pada bagian lain dari kabel-kabel atau part yang berada di situ. Karena tidak curiga bahwa kabel tersebut merupakan penyebab pertama dari sulitnya akselerasi untuk langsam, maka saya jalankan motor seperti biasa.

Oleh karena Gambot belum dimandikan sekian abad lamanya, maka saya minta persetujuan kepada istri untuk memandikannya di steam motor langganan. Bermenit-menit saya tunggu, Gambot masih dibersihkan. Bermenit-menit itu pula saya memutar otak dengab satu pertanyaan, “kabel apa ya tadi?”.

Di tengah pergulatan pikiran saya hendak memecahkan misteri kabel gantung dekat karburator, saya dikejutkan oleh orang yang mencuci motor. “Pak, motornya sudah selesa,” ungkap si mas itu. Saya dan istri bergegas menggunakan jaket dan helm. Tidak lupa juga kami membayar jasa dan….

Saya starter motor. Pertama-tama akselerasi yang saya dapatkan nampak bagus. Tetapi setelah beberapa menit, Gambot mendadak seperti kehilangan akselerasinya. Mati, saya coba nyalakan lagi….Mati, begitu terus hingga tiba di rumah eyang dari istri saya.

Setibanya di rumah eyang, istri saya langsung menangani pekerjaan rumah. Sedangkan saya, bermodalkan senter dari handphone, saya coba perbaiki trouble yang barusan menimpa saya.

Sambil memegangi kabel yang tidak betuan itu, saya coba mengingat bagian karburator yang paling sering saya perbaiki. Lalu, saya ingat bahwa kabel tidak bertuan ini seharusnya punya tempat di karburator. Tidak sempat untuk googling dan bertanya ke teman yang ahli, saya langsung buka cover aki dan coba mencari di mana lokasi seharusnya dari kabel tidak bertuan. Tara….. Misteri pun terpecahkan. Kabel itu seharusnya berada pada tanda panah yang saya berikan pada gambar, di sanalah takhtanya diposisikan. 

Setelah misteri itu terpecahkan pun, akselerasi Gambot menjadi stabil. Gambot tidak lagi kehilangan akselerasinya. Hanya settingan pilot jetnya yang berubah karena sempat saya ubah sebelumnya.

Oh iya, sebelum saya tutup tulisan ini. Saya hanya mau memberitahukan bahwa nama dari kabel yang lepas itu ialah kabel sensor magnet karburator. Tugas dari sensor tersebut ialah penyesuaian dengan asupan harus dikeluarkan oleh cdi. Itu hasil googling dan dapat dari blog sparepartpulsar.blogspot.co.id. 

Belajar dari kejadian ini, ternyata jika tunggangan Pulsar kita mengalami ketidaklangsaman dalam akselerasi, bukan hanya disebabkan oleh karet intake. Tidak juga disebabkan oleh busi. Atau tidak juga disebabkan oleh karburator yang kemasukkan air. Kadang juga hal itu disebabkan oleh human error yang pernah mencabut kabel sensor magnetik karburator dan tidak mengembalikannya lagi ke tempat semestinya. 

Tinggalkan Balasan

